Bolehkah shalat subuh jam 8?

Bolehkah shalat subuh jam 8? Shalat lima waktu itu memiliki waktu-waktu tersendiri agar mendapatkan shalat yang sah. Lalu apakah shalat subuh jam 8 itu diperbolehkan? Bolehkah shalat subuh jam 8?

Bolehkah shalat subuh jam 8?

Bolehkah shalat subuh jam 8? Jawabannya adalah tidak sah shalat subuh jam 8 karena pada jam itu matahari telah nampak, sedangkan shalat subuh itu sah jika dilaksanakan pada waktunya yaitu pada waktu fajar.

Jika seseorang terlupa atau tertidur dan melewatkan waktu shalat, maka ia harus secepatnya melaksanakan shalat jika telah ingat meskipun sudah jam 8. Dalam hal ini seseorang akan melaksanakan shalat subuh qada atau mengqada shalat subuh.

Bolehkah shalat subuh jam 8?
Bolehkah shalat subuh jam 8?

Yang dimaksud dengan shalat subuh qada adalah tetap harus menjalankan sholat subuh meski waktunya sudah terlewat.

Ketika melewatkan sholat subuh karena tertidur atau lupa, maka ini dianggap sebagai unsur ketidaksengajaan dan masih diperbolehkan dengan syarat tertidurnya tidak pada waktu telah masuk waktu shalat subuh.

Bagaimana Cara Mengqodho Sholat Subuh

Mengqodho sholat subuh dilakukan sebagaimana sholat subuh pada umumnya. Hanya saja ada perbedaan dalam niat yang dibaca. Imam Muslim dalam kitab Shahihnya meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah tertinggal untuk mengerjakan sholat subuh.

Ketika itu beliau SAW dan para sahabat lainnya dalam perjalanan pulang dari perang Khaibar. Lalu, mereka bermalam dan tertidur tanpa sengaja (ketiduran), meskipun beliau telah memerintahkan Bilal bin Rabah untuk berjaga. Mereka bangun ketika matahari terbit dan cukup tinggi posisinya.

Kemudian, beliau SAW memerintahkan Bilal bin Rabbah untuk mengumumkan kepada orang-orang untuk menunaikan sholat. Kemudian, Rasulullah SAW berwudhu, lalu melaksanakan sholat subuh.

Bacaan Niat Mengqodho Subuh

Berikut bacaan niat mengoqho sholat subuh Arab, latin, dan terjemanya:

أصلي فرض الصبح ركعتين مستقبل القبلة قضاء لله تعالى

Arab-latin: Usholli fardhos subhi rok’ataini mustaqbilal qiblati qodho’an lillahi ta’ala

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.”

Itulah informasi tentang Bolehkah shalat subuh jam 8? Semoga bermanfaat. Wallahua’lam.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *