Bolehkah shalat sebelum adzan?

Bolehkah shalat sebelum adzan? Shalat adalah ibadah yang memiliki waktu-waktu tertentu yang harus dilaksanakan di dalamnya.

Waktu masuk shalat wajib biasanya ditandai dengan azan, namun ada juga azan yang dikumandangkan jauh setelah masuk waktu shalat.

Dari sini ada pertanyaan, bolehkah shalat sebelum adzan? Apakah sah shalat yang dilaksanakan sebelum adzan?

Bolehkah shalat sebelum adzan?

Bolehkah shalat sebelum adzan?
Bolehkah shalat sebelum adzan?

Bolehkah shalat sebelum adzan? Jawabannya adalah tergantung shalatnya jenis shalat apa. Jika yang hendak dilaksanakan adalah shalat wajib lima waktu, maka shalat wajib ada waktu masing-masing yang harus dikerjakan sesuai waktunya.

Misalnya saja jika kita ingin mengerjakan shalat dhuhur, maka kita harus mengerjakannya pada waktu dhuhur, dan jika belum adzan dhuhur sebagai tanda masuk waktu dhuhur maka tidaklah boleh shalat dhuhur.

Jadi kita harus menunggu adzan dulu baru mengerjakan shalat, jika memang adzan pada suatu daerah dikumandangkan tepat waktu masuk shalat.

Namun pada beberapa daerah, ada juga kebiasaan mengumandangkan adzan tidak pada awal masuk waktu shalat. Maka dalam hal ini diperbolehkan shalat meskipun belum adzan, dengan catatan harus sudah masuk waktu shalat. wallahu a’lam.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *