Bolehkah shalat saat adzan?

Bolehkah shalat saat adzan? Shalat merupakan ibadah yang harus dikerjakan sesuai dengan waktu-waktu tertentu. Namun demikian ada pula yang menanyakan tentang bagaimana jika shalat pada saat masih adzan, apakah shalatnya sah?

Bolehkah shalat saat adzan?

Bolehkah shalat saat adzan? Jawabannya adalah boleh saja shalat saat azan atau azan masih dikumandangkan.

Jika yang dimaksud adalah shalat wajib lima waktu, contoh shalat dhuhur misalnya, maka ketika azan dhuhur masih dikumandangkan, maka hukum shalatnya sah.

Hal ini karena pada saat adzan, maka sudah masuk waktu shalat, dan shalat saat adzan sah-sah saja. Meski pun demikian dianjurkan untuk shalat setelah azan selesai serta melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Apakah boleh shalat sebelum adzan berakhir?

Ada lima shalat fardhu dalam sehari yang juga disebut sebagai shalat wajib lima waktu dalam agama Islam. Selain itu, shalat Jumat juga termasuk shalat fardhu.

Shalat fardhu ini dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Selain itu ada juga orang-orang yang menunaikan salat di rumah, misalnya kaum perempuan. Biasanya mereka akan melaksanakan shalat setelah adzan.

Namun, ada juga orang-orang yang karena kesibukan tertentu terpaksa untuk cepat melaksanakan shalat, sehingga mereka pun shalat pada saat azan. Lalu apakah boleh shalat saat azan masih berkumandang?

Jawabannya adalah boleh saja shalat saat masih azan, namun melakukan sholat setelah adzan adalah hal yang benar. Sshalat dilakukan saat adzan, maka shalatnya sah karena sudah masuk waktu shalat.

Apakah dibenarkan melakukan shalat selama adzan? Dalam hal ini, yang terbaik adalah menunggu azan berakhir untuk kemudian shalat.

Oleh karena itu, diketahui bahwa shalat tidak boleh dilakukan saat adzan. Namun, waktu dianggap telah memasuki saat adzan dikumandangkan. Oleh karena itu, doa yang dilakukan saat adzan juga diterima.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *