Bolehkah makan buah anggur saat hamil?

Bolehkah makan buah anggur saat hamil? Ibu hamil sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih makanan dan asupan nutrisi. Salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan tertentu.

Ada beberapa pertanyaan tentang makan buah ini, di antaranya adalah bolehkah ibu hamil makan buah anggur? bolehkah makan buah anggur saat hamil? Apakah ada bahayanya jika ibu hamil mengonsumsi buah anggur?

Bolehkah makan buah anggur saat hamil?

Salah satu buah yang paling banyak ditanyakan untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah buah anggur. Selama kehamilan, Anda sebenarnya bisa makan buah anggur dalam jumlah sedang karena buah anggur ini juga mengandung zat penting seperti vitamin, antioksidan, asam organik, serat, asam folat, pektin dan masih banyak lagi nutrisi penting lainnya.

Namun, konsumsi anggur yang berlebihan dapat menjadi berbahaya karena kadar resveratrol yang tinggi sehingga ibu hamil tidak boleh makan anggur terlalu banyak.

Juga, ibu tidak boleh makan kismis atau anggur kering terlalu banyak karena meskipun kering juga masih terdapat zat-zat seperti pada anggur segar.

Jika seorang wanita hamil menambahkan anggur dengan porsi tepat ke dalam makanannya, maka anggur itu dapat bermanfaat untuk kesehatan, penampilan dan kesehatan serta perkembangan bayi. Nah, manfaat buah anggur untuk ibu hamil antara lain adalah sebagaimana berikut:

1. Antiinflamasi

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil adalah sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Kandungan dalam anggur dapat membantu Anda mengontrol radang sendi dan asma yang dapat memperburuk kehamilan.

Kemampuan melembabkan anggur juga dapat meningkatkan kelembapan di paru-paru dan dengan demikian melindungi Anda dari asma.

2. Antioksidan Peningkat Kekebalan Tubuh

Mengutip artikel yang diterbitkan oleh Oregon State University di Amerika, anggur merupakan buah yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid , antosianin , linalool , geraniol , dan tanin .

Oleh karena itu, manfaat buah anggur untuk ibu hamil adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan ini juga akan mencegah infeksi.

3. Anggur kaya akan Magenesium

Magnesium bermanfaat bagi ibu hamil seperti untuk Mengatasi Kram Otot. Menurut data dari Departemen Pertanian AS, anggur mengandung magnesium dalam jumlah yang baik .

Alhasil, akan membantu ibu hamil untuk meredakan kram yang mungkin terjadi selama kehamilan. Kram otot juga merupakan masalah yang cukup umum selama kehamilan.

4. Serat untuk Mengatasi Sembelit

Konstipasi adalah masalah umum selama kehamilan sebagai efek samping dari peningkatan hormon progesteron. Akibat peningkatan hormon ini akan menyebabkan otot-otot tubuh, termasuk usus, menjadi rileks.

Hal ini menyebabkan usus bergerak lebih lambat, mengakibatkan pencernaan lebih lambat. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit.

Untungnya, anggur mengandung serat makanan, yang bertindak sebagai pencahar. Ini akan membantu wanita hamil mengatasi sembelit, yang biasa terjadi selama kehamilan.

5. Mengandung Asam Organik

Asam organik yang ditemukan dalam anggur dapat membantu menetralkan bakteri di rongga mulut. Asam organik ini juga mendukung pembentukan dan pengawetan kalsium.

6. Mengandung Zat Besi

Anggur juga merupakan buah yang mengandung zat besi, sehingga dapat membantu menjaga kadar hemoglobin yang sehat.

Zat besi juga baik untuk wanita terutama untuk mencegah anemia yang membuat ibu hamil terlihat lemah dan pucat.

Manfaat buah anggur untuk bayi dalam kandungan

Manfaat buah anggur tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga untuk bayi dalam kandungan. Vitamin B dalam anggur dapat membantu metabolisme tubuh dan membantu janin yang sedang tumbuh mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Natrium juga dapat mendukung perkembangan sistem saraf. Vitamin A dan flavonoid dalam anggur juga dapat melindungi penglihatan bayi, dan folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf ( spina bifida ).

Komponen yang ditemukan dalam anggur dapat meningkatkan memori dan penglihatan serta merangsang sirkulasi otak.

Oleh karena itu, anggur segar dan jus anggur dianjurkan jika Anda umumnya lemah, lelah, stres atau menghindari gangguan saraf selama kehamilan.

Bahaya Buah Anggur Bagi Ibu Hamil

Meski manfaat buah anggur untuk ibu hamil sangat besar, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi buah anggur dalam jumlah banyak setiap hari. Makan anggur bagi ibu hamil itu bagus dengan porsi yang sedang.

Seperti makanan lainnya, anggur bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa efek samping buah anggur yang bisa terjadi pada ibu hamil:

1. Penyebab Keracunan

Masalah utama dengan mengkonsumsi anggur dalam jumlah berlebihan adalah bahwa mereka memiliki sejumlah besar resveratrol. Ini adalah senyawa beracun yang dapat membahayakan ibu hamil yang hormonnya tidak seimbang.

Ini juga dapat menyebabkan keracunan resveratrol, yang dapat menyebabkan banyak komplikasi selama kehamilan. Bahan kimia ini lebih umum pada anggur berkulit gelap seperti hitam dan merah.

2. Kulit Anggur Dapat Menyebabkan Diare

Anggur hitam dan merah memiliki kulit tebal yang sulit dicerna. Akibatnya, buah anggur dapat menyebabkan diare pada wanita dengan sistem pencernaan yang lemah.

3. Penyebab Mulas dan Mual

Anggur yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah yang benar-benar telah matang. Anggur mentah merupakan buah yang dilarang keras dikonsumsi selama kehamilan karena sifatnya yang asam.

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan mulas, sakit kepala, mual dan muntah.

4. Anggur Manis Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi

Meskipun gula alami yang ditemukan dalam anggur rasanya enak, mereka dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko ibu hamil yang nantinya terkena diabetes gestasional.

Dengan demikian, jika anda kurang yakin untuk konsumsi anggur, anda bisa konsultasi kepada ahli kesehatan anda untuk konsumsi anggur agar terhindar dari penyakit yang mungkin muncul seperti diabetes gestasional.

Selain bahaya di atas, ada juga beberapa kategori buah anggur yang sebaiknya dihindari. Jika Anda termasuk dalam salah satu kelompok berikut, mungkin ideal untuk menghindari makan buah anggur selama kehamilan karena dapat menyebabkan komplikasi serius.

Kesimpulan dari pertanyaan bolehkah makan buah anggur saat hamil? Jawabannya adalah boleh dengan kadar yang sedang tidak terlalu banyak. Jika ada yang dikhawatirkan silahkan menghubungi pengawas kesehatan anda untuk menghindari konsumsi yang keliru.

Catatan: Konten ini hanya untuk panduan dan tidak dirancang untuk kebutuhan pribadi Anda. Konten tidak menggantikan saran medis ahli

Originally posted on February 10, 2022 @ 6:37 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.