Berapa tahun Al-Qur’an diturunkan? Mengapa Al-Qur’an diturunkan sebagian? Kapan dan dimana Al-Qur’an diturunkan ?

Pertanyaan tentang berapa tahun Al-Qur’an diturunkan adalah salah satu topik yang paling banyak dijadikan pembahasan dan ditanyakan oleh para pemerhati al-Quran. Al-Qur’an yang menjadi pedoman umat manusia dan diturunkan untuk membawa kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat alam ini tidak diturunkan kepada nabi satu waktu sekaligus.

Al-Qur’an diturunkan sedikit demi sedikit dengan beragam hikmah dan alsaan, di antaranya adalah agar keyakinan dan nilai-nilai al-Quran Islam berangsur-angsur menguat dan mengakar kuat dalam hati umat Islam.

Jika al-Quran tidak diturunkan secara langsung semuanya, lalu dalam berapa tahun Al-Qur’an diturunkan? Mengapa Al-Qur’an diturunkan bertahap, berangsur-angsur dan sedikit demi sedikit? Kapan awal mula Al Quran diturunkan? Di mana Al – Qur’an diturunkan? Kapan dan dimana Al-Qur’an diturunkan? Pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan membahas peratnyaan-pertanyaan tersebut.

Dalam Berapa Tahun al-Quran Turun?

Banyak orang bertanya-tanya tentang berapa tahun Al-Qur’an diturunkan. Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi kita, yaitu Nabi Muhammad melalui Jibril. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi secara bertahap selama kurun waktu 23 tahun.

Al-Quran tidak diturunkan sekaligus dalam satu bentuk kitab karena beberapa alasan, seperti agar mudah dihafal, ayat yang sedikit demi sedikit bisa menyebar dalam waktu singkat, memahami makna ayat-ayatnya itu pun menjadi mudah dan secara bertahap mampu memperkuat keyakinan umat Islam.

Mengapa al-Quran diturunkan secara Bertahap, Tidak Sekaligus satu Kitab?

Telah disinggung sebelumnya tentang alasan mengapa al-Quran tidak diturunkan dalam bentuk satu kitab, melainkan al-Quran diturunkan secara bertahap.

Di antara alasan dan hikmahnya adalah seperti agar bisa memantapkan hati nabi, menjadi jawaban bagi tantangan orang kafir, memudahkan dalam menghafal dan memahami ayatnya, bisa menerapkan hukum dengan lebih mudah dan menancap dalam hati umat Islam.

Untuk lebih lengkapnya tentang mengapa al-Quran diturunkans ecara berangsur-angsur ini bisa anda baca di sini: Mengapa al-quran diturunkan secara berangsur-angsur? Apa Hikmahnya?

Dan juga dalam link ini: Hikmah Diturunkannya Al-Quran secara Berangsur-angsur Tidak Sekali Waktu

Mengapa al-Quran diturunkan?

Allah SWT menjelaskan alasan mengapa Al – Qur’an tidak diturunkan sekaligus, sebagai berikut dalam ayat ke-32 surat Furqan:

Ayat-ayat seperti di secara langsung, kebanyakan untuk menyelesaikan kejadian segera setelah kejadian itu terjadi dan akan turun untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, yang menyebabkan guratan ayat kejadian atau pertanyaan “alasan Hira” (alasan pendaratan) disebut.

Kapan al-Qu’ran Diturunkan?

Salah satu ayat Al-Qur’an menyebutkan bahwa al-Quran turun pertama kali dalam bulan Ramadhan, di ayat lain di sebutkan bahwa al-Quran turun pada malam yang diberkahi, dan di ayat lain disebutkan bahwa al-Quran turun dalam di malam Qadr (lihat surah al-Baqara 2/185; ad-Duhan 44/1-3; al-Qadr 97/1).

Semua ayat di atas sebenarnya menunjukkan satu makna, yaitu al-Quran turun dalam malam Qadr yang merupakan malam penuh berkah dan ada di bulan Ramadhan. Mengingat malam khalifah adalah malam yang diberkahi di bulan Ramadhan, maka dapat dipahami bahwa tidak ada pertentangan antar ayat Al-Qur’an. Ayat al-QUran pertama kali diturunkan kepada Muhammad pada tahun 610 di gua Hira. Nama surah pertama yang diturunkan adalah surah Al-Alaq.

Dimana al-Qur’an Diturunkan?

Al-Qur’an diturunkan dalam total selama kurun waktu 23 tahun. Total keseluruhan ada 114 surah dan 6236 ayat dalam Al Qur’an. Para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah bilangan ayat al-Quran.

Mengenai tempat turunnya ayat al-Quran, beberapa ayat dalam Al-Qur’an diturunkan di Mekah dan beberapa di Madinah.

Apa itu al-Quran? Apa Hakikat al-Quran?

Al-Quran merupakan wahyu yang berasal dari Allah melalui malaikat Jibril berisi hidayah dan petunjuk bagi umat manusia. Al-Quran adalah kitab yang tak akan bisa berubah isinya, selalu abadi hingga hari kiamat.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian al-Quran anda bisa membacanya di sini: Apa itu al-Quran? Apa yang dimaksud dengan al-Quran?

Mempelajari al-Quran adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam karena dengannya umat Islam akan mendapatkan petunjuk. Dengan petunjuk itu umat Islam bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Membaca al-Quran adalah salah satu ibadah dan orang yang membacanya akan mendapatkan pahala khusus membaca al-Quran. al-Quran juga bisa menjadi syafaat di hari kiamat kelak. Wallahua’lam.

Originally posted on December 26, 2021 @ 7:03 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.