Image: pixaba

Berapa persen Penganut agama islam di korea selatan

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 12, 2021)

Penganut agama Islam di Korea selatan

Di Korea Selatan, agama Islam adalah agama minoritas dibandingkan dengan agama-agama lain yang ada di sana.

Komunitas Muslim berpusat di kota Seoul dan ada beberapa masjid juga yang bisa ditemukan di seluruh negeri.

Menurut Federasi Muslim Korea, setidaknya ada sekitar 100.000 Muslim yang tinggal di Korea Selatan, dan sekitar 70 hingga 80 persennya adalah orang asing.

Seoul sendiri memiliki 40% dari total populasi Muslim Korea Selatan. Kementerian Luar Negeri telah menyelenggarakan makan malam buka puasa selama bulan Ramadhan setiap tahun sejak 2004.

Di antara orang Korea, masyarakat Muslim hanya terdiri dari 0,2% dari total populasi. Namun meningkatnya imigrasi Muslim ke Korea memungkinkan komunitas Muslim di Korea terus tumbuh dan mengambil peran penting.

Berapa persen Penganut agama islam di korea selatan

Berdasarkan uraian di atas setidaknya jumlah Muslim hanya terdiri dari 0,2% dari total populasi penduduk Korea selatan.

Hal ini dengan jumlah sekitar 100.000 Muslim yang tinggal di Korea Selatan, dan sekitar 70 hingga 80 persennya adalah orang asing atau pendatang.

Meskipun demikian ada kenaikan dari jumlah penduduk muslim ini dari waktu ke waktu.

Sejarah Islam di Korea Selatan

Selama pertengahan hingga akhir abad ke-7 Masehi, para pedagang Muslim dari daerah Timur tengah telah melintasi kawasan Islam hingga ke daerah Tang Cina dan menjalin kontak dengan Silla, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea.

Pada tahun 751, seorang jenderal berkebangsaan Cina keturunan Goguryeo, Gao Xianzhi, memimpin Pertempuran Talas untuk dinasti Tang melawan Kekhalifahan Abbasiyah tetapi hal itu mampu dikalahkan.

BACA JUGA:  Dalam Islam Tidur Yang Bagus Berapa Jam?

Kehadiran Islam pertama kali yang dapat diverifikasi di Korea dimulai pada abad ke-9 selama periode Silla bersatu dengan kedatangan navigator dan pedagang Persia dan Arab.

Menurut banyak ahli geografi Muslim, termasuk penjelajah dan geografi Muslim Persia abad ke-9 Ibn Khurdazabah, banyak dari mereka menetap secara permanen di Korea, mendirikan desa-desa Muslim di sana.

Beberapa catatan menunjukkan bahwa banyak dari pemukim yang tinggal di Korea ini berasal dari Irak.

Catatan sekarah Korea menunjukkan bahwa sejumlah besar orang asing Muslim yang menetap di Korea pada abad ke-9 M dipimpin oleh seorang pria bernama Hasan Raza.

Lebih lanjut sejarah menunjukkan bahwa komunitas Muslim Timur Tengah di Silla memiliki simbol-simbol kerajaan dengan ciri khas Persia.

 



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *