Image: pixaba

Arti Mimpi Banjir Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 12, 2021)

Mimpi Banjir

Seseorang bisa mimpi bermacam-macam dalam tidurnya. Adakalanya mimpi itu berasal dari syetan namun adakalanya mimpi itu merupakan sesuatu yang membawa pertanda.

Salah satu mimpi yang bisa jadi dialami oleh banyak orang adalah mimpi tentang banjir. Bisa jadi seseorang mimpi banjir bandang atau banjir biasa, banjir dengan membawa berkah atau banjir membawa musibah.

Kita akan mengulas beragam makna mimpi banjir dalam Islam yang telah kami rangkum dari beragam sumber.

Arti Mimpi Banjir Dalam Islam

Menurut satu keterangan, mimpi banjir dalam Islam itu bisa berarti akan datangnya serangan musuh, penyakit dan siksaan, perjalanan yang merepotkan, takhayul dan kata-kata palsu.

Semua jenis air yang meluap dalam mimpi itu menandakan kesedihan, kesusahan dan kemalangan. Seseorang yang mimpi Banjir dengan mengalir darah dan kotoran itu menunjukkan murka ilahi dalam tafsiran Islam.

Menurut Maulana Jami, jika seseorang melihat banjir dalam mimpinya, maka dalam Islam itu berarti serangan musuh atau seseorang akan melakukan perjalanan yang berat dan melelahkan.

Dalam tafsiran lain disebutkan bahwa arti mimpi banjir dalam Islam adalah jika seseorang melihat dalam mimpi ada air yang membanjiri dan menenggelamkan semuanya di mana-mana; maka hal tni menunjukkan bahwa bencana akan menimpa orang-orang yang tinggal di daerah itu atau bahwa musuh akan menyerang mereka atau mereka akan terkena penyakit.

Jika seseorang dalam mimpinya melihat bahwa dirinya sedang terjebak dalam banjir dan kemudian diselamatkan; itu menandakan bahwa orang tersebut akan dihadapkan pada kesulitan oleh pemerintah, namun ia akan selamat.

Diartikan bahwa siapapun yang melihat bahwa dirinya menghadapi banjir dalam mimpinya maka ia akan berhadapan dengan musuhnya.

BACA JUGA:  Arti Mimpi Berwudhu Dalam Islam

Jika ia dapat mengubah situasi dengan mengambil sesuatu sehingga menjadi penghalang banjir, maka ia akan mengalahkan musuhnya.

Ketika seseorang bermimpi bahwa dia tidak dapat pergi ke tempat yang mereka inginkan karena banjir; Dinyatakan bahwa seseorang akan mengalami kesedihan dan kesedihan dan bahwa dia tidak akan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Nablusi menyebutkan bahwa dalam mimpi, jika seseorang melihat datangnya air bah, dan datangnya banjir maka itu menandakan serangan musuh.

Siapapun yang melihat banjir saat hujan dalam mimpi maka itu artinya ia akan dilanda penderitaan atau penyakit. Mimpi banjir dalam Islam juga bisa berarti melakukan perjalanan yang sulit dan melelahkan.

Melihat banjir membubung di toko-toko dalam mimpi seseorang itu menunjukkan penganiayaan pemerintah.

Orang yang melihat dalam mimpi bahwa saat banjir seseorang berupaya mencegah banjir masuk ke rumahnya itu artinya ia akan mencegah musuhnya merusak keluarga dan kerabatnya.

Jika seseorang melihat banjir yang menghancurkan rumah, menghancurkan pohon, membunuh hewan, atau mencekik orang dalam mimpi menandakan musuh.

Jika dilihat masyarakat mendapat manfaatnya karena air bah yang bersih dan manis, menandakan datangnya kabar atau orang-orang yang baik yang saling mengikutiantara  satu sama lain dan orang-orang mendapat manfaat darinya.

Arti Lain Mimpi Melihat Banjir Dalam Islam

Jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa ia mengumpulkan air bah dan menaruhnya dalam mangkuk dan orang-orang senang karenanya dan makan dan minum darinya dengan menyembunyikannya, maka itu menunjukkan murahnya dan melimpahnya barang-barang seperti madu, susu atau minyak zaitun (rezeki).

Terkadang mimpi melihat banjir dalam Islam menandakan gangguan jalan oleh hal-hal seperti prajurit, singa, naga atau ular.

Melihat bumi tertutup air dalam mimpi menunjukkan bencana dan masalah, musuh yang akan menyerang orang-orang, pajak yang akan dikenakan kepada mereka, atau tpenyakit wabah yang akan datang.

BACA JUGA:  Keutamaan Membaca Surah al-Mulk

Jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa banjir telah memasuki rumah dan beberapa orang mengambil harta benda dan hewan miliknya, maka mimpi itu menandakan musuh yang akan menjarah mereka atau masalah yang akan datang pada mereka.

Jika seseorang mimpi melihat banjir dan dia merasa tidak takut pada keburukan dan bencana saat mimpi, maka itu berarti akan datang kehidupan yang baik dan mata pencaharian yang baik.

Sayyid Sulaiman menjelaskan bahwa jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa air banjir menutupi bumi; maka itu berarti bencana bagi masyarakat, musuh atau penyakit menular.

Jika seseorang melihat dirinya selamat setelah terjebak di air banjir dalam mimpi maka dia akan mendapat masalah dari pemerintah. Namun dia pun kemudian akan selamat.

Mereka yang berurusan dengan air banjir melawan musuh. Jika dia bisa mengatasi banjir, dia mengalahkan musuhnya. Siapa yang melihat air banjir masuk di antara dia dan tempat yang ingin dia tuju; ia menghadapi kemunduran, kesal, tidak bisa mencapai keinginannya

Menurut Jabir al-Maghribi, banjir yang meluap dan menutupi bumi menandakan bahwa masyarakat yang tinggal di sana akan tersiksa. Rusaknya bangunan dan pondasi oleh air banjir merupakan penganiayaan sultan.

Ja’far Shadiq menafsirkan mimpi banjir sebagai musuh besar, penguasa yang kejam, prajurit yang menang, dan pertikaian yang hebat.

Menurut Abdulgani mimpi banjir itu diartikan dengan musuh, celaka, kekejaman, kenakalan dan masalah yang bisa berasal dari siapapun. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *