Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia? 6 Manfaat Zaitun

Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia? Zaitun merupakan salah satu tanaman berbuah yang bisa dimakan langsung maupun diambil minyaknya.

Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah mediterania sehingga wilayah itu pun terkenal dengan olahan makanan yang dicampur dengan bahan zaitun.

Meski pun tanaman ini mayoritas tempat tumbuhnya adalah di mediterania Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia?

Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia?

Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia?
Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia? gambar genpi.co

Jika anda menanyakan apakah zaitun bisa tumbuh di indonesia? Maka jawaban secara singkat adalah zaitun bisa tumbuh di Indonesia. Salah satu buktinya adalah zaitun bisa tumbuh di Surabaya.

Dilansir dari akun Instagram @Surabaya, disebutkan bahwa pohon Zaitun atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Olea europaea itu sudah berhasil tumbuh di Surabaya.

Pohon Zaitun ini bisa tumbuh di Surabaya di wilayah Taman Harmoni, Keputih. Hal ini menjadi bukti bahwa zaitun bisa tumbh di Indonesia.

Meskipun zaitun merupakan tanaman asli Timur Tengah yang biasanya tumbuh di daerah saja, pohon zaitun tetap bisa tumbuh di Indonesia.

Namun dengan catatan, bahwa tanaman zaitun harus mendapatkan sinar matahari cukup dengan suhu di atas 25 derajat Celcius.

BACA JUGA: Apakah Minyak Zaitun atau Olive Oil bisa Diminum? 6 Manfaat Minyak Zaitun

Apakah zaitun bisa berbuah di indonesia?

Selain bisa tumbuh di Indonesia, zaitun juga ternyata bisa berbuah di Indonesia.

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar.

Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Cara Budidaya Zaitun

Selain info tentang Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia? Kita juga akan membahas tentang cara budidaya zaitun.

Adapun cara budidaya buah zaitun di Indonesia secara singkat panduannya adalah sebagai berikut:

Menyiapkan bibit zaitun, bibit tanaman zaitun ini bisa didapatkan dengan metode micro cutting yaitu dengan memotong beberapa ruas ranting muda dari tanaman induk atau bahasa lainnya adalah stek.

Untuk mempercepat tumbuhnya akar dari bagian yang dipotong itu, perlu ditambahkan zat pengatur tumbuh atau ZPT baik alami maupun sintetis.

Adapun cara alami untuk pengatur tumbuh ini anda bisa melakukannya dengan menggunakan bawang merah atau madu murni.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu dengan membeli bibit zaitun langsung kepada penjual, anda bisa mencarinya di toko-toko online.

BACA JUGA: Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit?

Bibit zaitun yang sudah didapat bisa ditanam langsung pada lahan atau dalam pot.

Jika bibit itu hendak ditanam pada lahan, olah terlebih dahulu lahan tanamnya agar unsur hara dalam tanah terpenuhi, gali dan buat lubang tanam kemudian diamkan selama 2-3 hari dan barkan tersinari matahari supaya bakteri jahat pada tanah mati.

Jika anda ingin menanam pohon zaitun lebih dari satu, maka berikan jarak tanam sekitar 5 meter dalam satu deret sebagai jarak agar tanaman bisa tumbuh bagus.

Jangan lupa pohon ziatun untuk ditanam dengan alur utara selatan agar matahari mengenai semua pohon zaitun.

Dan anda ingin menanam zaitun pada pot, maka siapkanlah pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Jika bibit tanaman masih berukuran kecil atau masih di usia dini maka sebaiknya dimulai dari ukuran pot yang kecil.

Hal ini bertujuan agar apabila tanaman semakin besar pot bisa diganti, sekaligus sebagai penanda untuk meremajakan media tanam.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan tentu saja bisa menjaga kelembaban tanah.

Jenis pot yang hendak diapkai untuk tanaman zaitun ini bisa terbuat dari tanah liat, logam (drum), plastik, semen atau kayu.

Adapun pot dari tanah liat dan kayu lebih banyak dipilih karena kualitasnya yang sangat baik untuk tabulampot karena memiliki pori-pori sehingga kelembaban dan temperatur media tanam lebih stabil.

Namun ada kelemahan dalam pot ini yaitu bahan-bahan tersebut tidak tahan lama atau mudah hancur.

Sebenarnya pot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah yang biasanya pada pot tanah liat setidaknya ada tiga kaki yang mengangkat sedikit.

Hal ini penting untuk aliran air dan mengatur kadar air dan juga pastinya bisa memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah.

Meskipun demikian jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu-bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

6 Manfaat Minyak Zaitun

Selain info tentang Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia, kita juga akan membahas tentang beragam manfaat minyak zaitun. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan Makanan sehat

Mulut Anda kosong dan Anda ingin sesuatu untuk dikunyah. Jadi mari kita coba memetik buah zaitun untuk dimakan bersama. Karena barang-barang tersebut sudah bisa menjadi salah satu cemilan. Ini juga baik untuk kesehatan kita.

Karena buah zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan juga mengandung polifenol yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung juga.

2. Memperlancar aliran darah

Sistem peredaran darah yang baik meningkatkan kesehatan fisik kita baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang! Dan zat dalam buah zaitun membantu meningkatkan oksida nitrat untuk mendorong sistem peredaran darah bekerja lebih baik di sini. Selain itu, beberapa buah zaitun menyediakan hingga 25% zat besi yang membantu mengantarkan oksigen ke organ kita!

3. Anti peradangan

Zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan kita. Dari segi penyakitnya sendiri juga dianggap bisa membantu. Karena di dalam buah zaitun mengandung polifenol yang dapat mengurangi peradangan. dengan menghentikan kerusakan jaringan organ sebelum dimulai Jadi tidak mengherankan jika buah zaitun sendiri dianggap sebagai makanan sehat!

4. Membantu memperkuat tulang.

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa buah zaitun juga menyediakan zat besi. Dan zat besi inilah yang membuat tulang kita kuat. Selain itu, ada juga polifenol yang meningkatkan kepadatan elemen untuk memperlambat kerusakan tulang.

5. Mengurangi resiko kanker

Zaitun adalah buah yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu dengan mencegah pertumbuhan tumor dan juga mengurangi stres oksidatif yang merupakan faktor penyebab kanker lainnya.

6. Membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik

Banyak jenis sayuran dan buah-buahan. Jika ingin tubuh kita dapat menyerap nutrisi dari benda-benda tersebut dengan lebih baik.

Kami mencoba mengubah cara memasak dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam salad. Atau rendam juga sayur dan buah dalam minyak zaitun.

Karena minyak zaitun akan membantu meningkatkan jumlah Karotenoid, yang artinya tubuh kita lebih banyak manfaatnya.

Resep makanan ini bermanfaat untuk mata dan dapat mengurangi resiko penyakit dalam jangka panjang.

Buah zaitun bisa dimakan sebagai camilan. Atau menggunakannya untuk memasak sebagai makanan enak. Luar biasa bahwa itu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Ini juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit buruk dalam jangka panjang! Setelah mengetahui hal ini Jangan lupa untuk mencari buah zaitun untuk dimakan juga.

Sumber:

  • Pohon Zaitun Tumbuh di Surabaya, Simak 5 Manfaatnya link.

Originally posted on March 15, 2021 @ 6:46 am

Fatma Nuriya

Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *