Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? 4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit

Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Tahukah kamu kalau Cleopatra, ratu Mesir, yang terkenal dengan perawatan kecantikan dan mandi susunya, ternyata menggunakan minyak zaitun secara rutin untuk perawatan kecantikannya?

Para pakar kecantikan di seluruh dunia banyak memuji manfaat kecantikan dari minyak zaitun dalam mengobati flek hitam dan menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Tapi bisakah minyak zaitun menghilangkan bintik hitam? Kali ini kita akan membahas hal tersebut.

Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam?

Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam?
Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Gambar Ilustrasi Minyak Zaitun

Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Jawabannya adalah minyak zaitun bisa membantu mengilangkan flek hitam pada kulit.

Beberapa orang menggunakan zaitun sebagai sarana herbal untuk mempercantik kulit wajah dan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

BACA JUGA: Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit

Flek Hitam Pada Kulit dan Wajah

Berbagai hal seperti ketidakseimbangan hormon, masalah kulit seperti jerawat, eksim, penuaan, dan paparan sinar matahari yang berlebihan memicu produksi melanin berlebih, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit kita.

Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk menyehatkan kulit. Berikut ini beberapa khasiat minyak zaitun yang secara alami akan memperbaiki corak atau mencerahkan tampilan flek hitam di wajah Anda.

Jadi jika anda bertanya apakah zaitun bisa menghilangkan flek hitam? Maka jawabnnya adalah zaitun bisa membantu anda untuk menyamarkan dan memudarkan flek hitam di wajah. 

Minyak zaitun kaya akan vitamin penting yang memiliki kemampuan untuk meringankan munculnya flek hitam dan perubahan warna.

Vitamin C dalam minyak zaitun sarat dengan antioksidan yang meningkatkan pertumbuhan sel dan mencegah kerusakan sel.

Vitamin A dan E dalam minyak zaitun melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya dan mencegah hiperpigmentasi.

Vitamin C dan K dalam minyak zaitun meningkatkan produksi kolagen dan elastin untuk membuat kulit Anda kencang.

Minyak zaitun secara alami bersifat nonkomedogenik (tidak menyumbat pori-pori kulit), yang menjadikannya obat yang ideal untuk mengatasi flek hitam pada kulit yang rentan berjerawat.

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik yang meningkatkan proses penyembuhan bekas luka dari jerawat dan penyakit kulit lainnya.

Zaitun mampu meregenerasi kulit Anda untuk membersihkan kotoran dan polutan dari kulit.

BACA JUGA: Apakah Minyak Zaitun Cocok Untuk Wajah?

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memudarkan Flek Hitam

1. Cara pertama

Peras sedikit lemon dalam 4 sdt minyak zaitun yang telah diperas dingin. Aduk rata dan pijat wajah Anda dalam gerakan sirkulasi. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan handuk lembut.

2. Cara Kedua

Campur dua sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok teh dadih / yogurt. Tambahkan satu sdm penuh minyak zaitun dan aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dan keringkan dengan handuk lembut.

3. Cara Ketiga

Masukkan 2 kapsul vitamin E ​​ke dalam 2 sdt minyak zaitun. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Anda bisa membiarkannya selama 20 menit atau membiarkannya semalaman. Bilas dengan hanya menggunakan pembersih ringan.

Vitamin dan mineral dalam minyak zaitun dapat mencerahkan warna kulit Anda jika digunakan secara teratur, tetapi jangan berharap hasilnya seperti ajaib dalam semalam. Minyak zaitun akan memberi Anda kulit yang sehat dan lembut.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah

Beberapa potensi manfaat minyak zaitun untuk kulit antara lain:

1. Kandungan antioksidan

Minyak zaitun dalam botol yang dapat digunakan pada wajah Minyak zaitun dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan , yaitu zat yang mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan berkontribusi terhadap perkembangan kanker .

Ketika dioleskan ke kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya. Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun di kulitnya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk memahami efek sifat antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

2. Kandungan vitamin

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini mungkin bermanfaat bagi kulit.

Misalnya, orang telah menggunakan minyak vitamin E secara topikal sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim .

3. Efek antibakteri

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Namun, sangat sedikit penelitian tentang kemampuan minyak zaitun untuk mengendalikan bakteri pada kulit.

Satu studi kecil mengamati efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Hasilnya menemukan bahwa kedua minyak menunjukkan sifat antibakteri, tetapi minyak kelapa murni lebih efektif dalam menghilangkan bakteri.

Meskipun demikian, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada penderita ulkus kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2 .

4. Efek pelembab

Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang keefektifannya.

Penggunaan minyak zaitun pada kulit

Minyak zaitun merupakan bahan dalam banyak produk perawatan pribadi, termasuk sabun muka, sabun mandi, sabun mandi, dan losion. Cara lain untuk menggunakan minyak zaitun pada kulit meliputi:

1. Sebagai Pelembab dan perawatan setelah matahari

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai lotion pelembab dengan mengoleskannya langsung ke kulit sebelum menghilangkan minyak berlebih. Sebagai alternatif, minyak dapat dioleskan ke kulit lembab untuk mencegah rasa berminyak.

Berdasarkan studi tentang efek antioksidannya pada tikus, minyak zaitun mungkin sangat bermanfaat bila diterapkan setelah paparan sinar matahari.

2. Sebagai Eksfoliator

Untuk mengeksfoliasi wajah dan tubuh serta merawat area kulit kering atau bersisik, seseorang bisa mencampurkan minyak zaitun dan garam laut untuk dijadikan scrub.

Orang harus menggunakan garam berbutir halus di wajah dan area sensitif lainnya, dan butiran kasar di bagian tubuh lainnya.

3. Penghapus riasan mata

Minyak zaitun memecah zat kedap air dalam riasan mata, memungkinkannya dibersihkan dengan lebih mudah.

Untuk menghilangkan riasan mata, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area mata dengan lembut.

4. Sebagai Masker

Orang dengan kulit kering mungkin merasakan manfaat menggunakan masker wajah berbahan dasar minyak zaitun. Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan-bahan seperti putih telur, madu, atau oat bubuk dapat melembutkan dan menghidrasi wajah.

5. Sebagai Ramuan Perawatan kerut

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah paparan sinar matahari.

6. Minyak bekas luka

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Jadi Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Flek hitam karena bekas luka bisa dicoba untuk dihilangkan dengan minyak zaitun.

Cukup pijatkan minyak murni ke bekas luka atau campurkan dengan perasan jus lemon untuk merawat area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena bekas luka.

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark, meskipun penelitian tentang keefektifannya telah menemukan hasil yang beragam.

Itulah informasi tentang Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Semoga bermanafat.

Sumber:

  • Can Olive Oil Remove Dark Spots? link.

Originally posted on March 15, 2021 @ 4:19 pm

Fatma Nuriya

Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *