Apakah turki termasuk negara islam?

Apakah turki termasuk negara islam? Turki adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim. Pada zaman dahulu wilayah Turki sekarang dikuasai oleh kerjaan Turki Usmani yang termasuk dalam kerajaan Islam.

Lalu apakah turki sekarang termasuk dalam negara Islam? apakah turki termasuk negara islam?

Apakah turki termasuk negara islam?

Negara Turki sekarang bukanlah termasuk negara Islam karena Turki menganut sistem sekuler dalam sistem negaranya. Meskipun mayoritas penduduk negara Turki adalah Islam tetapi negara turki menggunakan sistem sekuler.

Negara Islam adalah negara-negara yang menerapkan hukum Islam, atau dengan kata lain, syariah , sebagai sistem hukum utama. Di antara negara yang termasuk negara Islam dengan penerapan hukum syariah Islam saat ini adalah Afganistan, Iran, Mauritania, Pakistan, Arab Saudi dan Yaman.

Turki termasuk dalam negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim dan pemerintahan sekuler seperti negara-negara lainnya seperti Albania, Azerbaijan, Banglades. Bashkortostan, Bosnia dan Herzegovina dan Burkina Faso (sumber).

Agama Islam di Turki

Masyarakat di Turki terdiri dari masyarkaat dengan berbagai keyakinan agama yang berbeda-beda. Meskipun diketahui bahwa agama yang paling umum di negara ini adalah Islam, menurut beragam survey ternyata beberapa kepercayaan atau agama lainnya pun juga ada di Turki.

Menurut laporan 2012 yang diterbitkan oleh Pew Research Foundation rasio Muslim dalam populasi masyarakat Turki adalah 98%. Menurut survei yang dilakukan oleh Universitas Sabanc, angka penduduk turki yang menganut agama Islam mencapai 98,3%.

Menurut survei Ipsos 2016, Muslim di Turki ada sekitar 82% dari total populasi. Menurut survei yang diterbitkan oleh Optimar pada tahun 2019, rasio Muslim terhadap populasi adalah 89,5%.

Agama lain yang dianut oleh penduduk Turki di antaranya adalah seperti Kristen, Tengrisme, Zoroastrianisme, Vika dan Taoisme.

Originally posted on February 15, 2022 @ 6:52 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *