Apakah surga sudah ada penghuninya Sekarang?

Apakah surga sudah ada penghuninya? Surga adalah tempat yang diidam-idamkan semua umat Islam karena surga merupakan tempat terakhir kehidupan kekal di akhirat kelak. Surga dikenal sebagai tempat pembalasan amal baik dan tempat ini akan dimasuki oleh orang mukmin setelah hari kiamat.

Dari sini ada pertanyaan, apakah surga sekarang sudah ada? Apakah surga sekarang sudah ada penghuninya? Apakah ada manusia yang telah masuk surga? dalamislam.info akan mengulasnya.

Apakah surga sudah ada penghuninya Sekarang?

Apakah sekarang ada manusia yang telah masuk ke dalam surga sebelum terjadinya hari kiamat? Untuk pertanyaan ini, ada dua jawaban:

1. Manusia Masuk Surga Sekarang Dalam Wujud Ruh

Pada saat sekarang surga telah ada penghuninya berupa ruh dari orang-orang yang meninggal dunia, dari para Nabi, para syuhada’ dan orang-orang yang ruhnya ada di dalam perut burung hijau yang beristirahat di surga.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah saw berikut:

أرواح الشهداء في حواصل طيور خضر تسرح في الجنة حيث شاءت ثم تأوي إلى قناديل معلقة تحت العرش

“Arwah para Syuhada dibawa oleh burung-burung hijau yang berkeliaran di Surga sekehendak hatinya, kemudian mereka tinggal di dalam lampu-lampu gantung di bawah ‘Arsyi.” (HR Muslim).

2. Manusia Masuk Surga Dengan Wujud Jasad dan Ruh

Adapun manusia bisa masuk surga dengan wujud dan ruh setelah hari kiamat. Hal ini berlaku untuk jin dan manusia. Masuk surga dengan wujud jasad dan ruh setelah hari kiamat ini dikecualikan dengan nabi Adam karena nabi Adam sebelum ke bumi berada di surga. Hal ini berlaku bagi yang berpendapat bahwa surga yang ditempati nabi Adam adalah surga yang sama dengan setelah hari kiamat kelak.

Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Dalam akidah umat Muslim, diketahui bahwa setelah kematian seseorang akan melalui beberapa masa hingga diputuskan untuk bisa masuk surga atau neraka. Surga dan neraka adalah tempat pembalasan amal, yang baik masuk surga dan yang buruk akan masuk neraka.

Lalu apakah ada orang di surga sekarang? Surga sudah diciptakan dan sudah ada pada saat sekarang ini. Namun sebagaimana dijelaskan sebelumnya, surga itu ditempati oleh para nabi dan ruh orang-orang syahid dalam perut burung hijau yang beristirahat di surga.

Setelah manusia mengalami kematian ia akan berada dalam “kehidupan di alam kubur” . Dalam kubur itu manusia akan mengalami nikmat dan siksa kubur. Hal ini akan berjalan hingga hari kiamat datang, yaitu manusia mengalami kehidupan di alam kubur.

Setelah kiamat akan ada hari hisab atau perhitungn amal, hingga manusia ditetapkan untuk tinggal di surga atau di neraka.

Surga merupakan tempat tinggal kebahagiaan abadi yang abadi dan berisi kenikmatan yang banyak. Sedangkan neraka adalah tempat bagi orang-orang untuk menerima hukuman karena kemaksiatan mereka terhadap Allah.

Originally posted on January 11, 2022 @ 12:46 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *