Apakah shalat ashar ada qobliyah dan ba’diyah?

Shalat ashar adalah shalat yang dilaksanakan setelah shalat dhuhur yang mana waktunya adalah setelah panjang bayangan suatu benda sama dengan tinggi benda tersebut sampai menjelang matahari terbenam sempurna.

Sebagaimana shalat fardhu, biasanya terdapat shalat qabliyah atau ba’diyah. Adapun shalat sunnah qabliyah adalah shalat sunah yang dilaksanakan sebelum shalat fardhu, sedangkan shalat ba’diyah artinya shalat sunnah yang dilaksanakan setelah shalat fardhu itu.

Lalu apakah shalat ashar ada qobliyah dan ba’diyah? Apakah sebelum melaksanakan shalat asar ada shalat sunnah qabliyah dan setelah ashar ada shalat sunnah ba’diyah? Kali ini kita akan membahasnya.

Shalat Fardhu Ashar

Shalat fardhu Ashar adalah shalat fardhu yang termasuk shalat lima waktu yang dikerjakan pada waktu ashar. Waktu ashar adalah waktu ketika bayangan matahari dari sebuah benda melebihi ukuran benda tersebut.

Shalat ashar dikerjakan sebanyak 4 rakaat. Sebelum salat ashar dimulai, jika seseorang memiliki hadas atau najis maka ia harus bersuci terlebih dahulu. Setelah itu menghadap kiblat di tempat yang bersih, dan meletakkan sajadah jika ada.

Sholat ashar dimulai dengan Takbir Iftitah dan membaca ayat dengan tartil atau baik. Setelah itu dilanjutkan dengan ruku’, melaksanakan sujud dan kemudian duduk di antara dua sujud. Setelah itu sujud lagi kemudian melanjutkan rakaat kedua hingga selesai dan salam. Di rakaat kedua nanti setelah sujud kedua seseorang melakukan duduk tahiyat awal.

Shalat Sunnah Qabliyah dan Ba’diyah

Shalat sunnah qabliyah adalah sahalat sunnah yang dilaksanakan sebelum shalat fardhu. Sedangkan shalat sunnah ba’diyyah adalah shalat sunnah yang dilaksanakan setelah shalat fardhu.

Meskipun shalat sunnah qobliyah dan ba’diyah ini sunnah namun bagi umat Islam sangat penting untuk tidak meninggalkannya mengingat fadilah luar biasa yang dikandungnya.

Apakah shalat ashar ada qobliyah dan ba’diyah?

Meskipun shalat fardhu itu ada qobliyah dan ba’diyahnya, namun tidak semua shalat fardhu disunnahkan untuk melaksanakan shalat sunnah qobliyah dan ba’diyah. Lalu Apakah shalat ashar ada qobliyah dan ba’diyah?

Jawabannya adalah shalat ashar itu ada Qabliyahnya, namun untuk Ba’diyah tidak ada kesunahan. Bahkan tidak boleh melaksanakan shalat sunnah setelah ashar karena waktu itu adalah termasuk waktu haram dalam melaksanakan shalat sunnah tanpa sebab.

Kecuali jika seseorang berada di masjidil Haram maka tidak mengapa melaksanakan shalat sunnah setelah melaksanakan shalat fardhu ashar. Wallahu a’lam.

Originally posted on December 24, 2021 @ 4:42 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.