Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat?

Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat? Minum anggur merah atau anggur yang memabukkan hukumnya adalah haram dalam agama Islam.

Namun bagaimana status orang yang minum anggur merah yang memabukkan itu ketika hendak shalat. Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat?

Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat?

Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat?
Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat?

Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat? Jawabannya adalah tetap boleh sholat jika seseorang memenuhi syarat-syarat shalat. Perlu diketahui bahwa shalat wajib lima waktu itu harus dilaksanakan apapun yang terjadi.

Meskipun seseorang bermaksiat dengan minum-minuman memabukkan seperti anggur merah yang termasuk khamar, maka ia pun tetap terkena kewajiban untuk melaksanakan shalat.

Namun seseorang yang minum anggur merah itu tetap harus memenuhi syarat dan rukun-rukun shalat shalat.

Jadi apabila telah masuk waktu shalat, seseorang harus menjalankan shalat wajib tersebut dan berusaha memenuhi syarat-syarat dan rukunya agar sah shalatnya.

Perlu dicatat bahwa jika anggur merah yang diminum bukanlah anggur merah yang termasuk khamr atau minuman keras, dalam arti anggur merah itu minuman yang masuk dalam kategori halal, maka dalam hal ini tidaklah masalah.

Yang dimaksud anggur merah dalam tulisan ini adalah anggur merah yang termasuk jenis khamr.

Di antara syarat melaksanakan shalat adalah suci dari hadas dan najis. Adapun anggur merah yang termasuk minuman memabukkan itu hukumnya adalah najis.

Jadi ketika seseorang minum anggur merah dan terkena kulit serta badannya, sampai sekiranya harus mandi agar bersih dari anggur tersebut, maka ia harus mandi untuk membersihkan najis anggur merah itu.

Termasuk hal yang perlu diperhatikan adalah shalat yang dilaksanakan harus dilaksanakan pada saat sadar atau tidak mabuk. Jika orang yang minum anggur merah itu mabuk, maka ia harus tersadar dahulu sebelum kemudian melaksanakan shalat.

Hukum Minum Anggur Merah

Sebagaimana yang sedikit penulis singgung di atas, jika anggur merah yang dimaksud adalah anggur merah yang telah difermentasi sehingga menjadi minuman keras, maka hukumnya adalah haram untuk diminum.

Minuman tersebut juga najis menurut mayoritas ulama, sehingga jika seseorang minum anggur merah dan terkena baju dan badan sehingga harus disucikan dengan mandi, maka seseorang harusnya mandi untuk membersihkan najis tersebut.

Mengenai hal ini secara lebih rinci silahkan baca disini: Apakah sehabis minum anggur merah harus mandi wajib?

Namun jika yang dimaksud anggur merah adalah minuman perasan anggur yang tidak sampai menjadi minuman keras, maka hukumnya halal dan bukanlah najis. Mengenai hal ini secara rinci bisa anda baca disini: Apakah boleh minum anggur merah dalam Islam? dan disini: Apa hukum minum anggur merah dalam Islam?

Itulah informasi seputar Apakah setelah minum anggur merah boleh sholat? Semoga bermanfaat. Wallahua’lam.

Sumber:

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *