Apakah saffron boleh dimakan?

Apakah saffron boleh dimakan? Saffron yang tanah airnya di Asia barat daya merupakan jenis tumbuhan yang sangat bernilai ekonomi dengan tinggi 20-30 cm, serbuk pada bagian atas bunganya digunakan sebagai bumbu. Sedangkan daun tanaman saffron berbentuk panjang dan berwarna hijau tua, sedangkan bunganya berwarna ungu.

Saffron mengandung mineral penting seperti niasin, riboflavin, piridoksin (vitamin B6), vitamin C, kalium, tembaga, kalsium, besi, fosfor, seng dan selenium.

Apa Saffron itu?

Saffron merupakan tanaman rempah yang diambil dari biji bunga saffron. Saffron banyak terdapat di Iran dan Spanyol sekarang ini namun menurut sejarah tanaman ini berasal dari daerah sekitar Anatolia.

Jadi bagaimana safron ditanam ? Ini adalah proses yang sangat melelahkan. Untuk memperoleh 100 gram saffron, ditanam di lahan seluas kurang lebih 1 hektar. Setiap stigma pada bunga saffron dikumpulkan satu per satu sebelum matahari terbit di pagi hari. Untuk setengah kilo saffron saja, 225 ribu gundukan yang dikumpulkan dari 75 ribu bunga harus digunakan.

Saffron
Gambar Saffron / pixabay

Rasa rempah saffron yang memiliki bau yang sangat tajam juga sangat manjur. Karena sedikit pahit, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah kecil. Saffron, juga dikenal karena sifat pewarnaannya, dapat memberikan warna kuning keemasan pada air 100 ribu kali beratnya sendiri.

Apakah saffron boleh dimakan?

Apakah safron boleh dimakan? Iya saffron boleh dimakan, karena saffron merupakan bumbu yang biasanya dicampur di dalam makanan. Meskipun saffron bisa dimakan namun tak dianjurkan untuk mengonsumsi saffron berlebih karena bisa saja menimbulkan efek negatif sepertri gangguan ginjal. Lihat referensi.

Saffron adalah bumbu yang menambahkan warna kuning cerah pada makanan. Karena rasanya dan fitur ini, banyak disukai dalam masakan Arab, Asia Tengah, Eropa, India, Iran, Maroko dan Cornwall.

Saffron, yang digunakan terutama dalam pilaf dan hidangan daging dalam masakan Turki, juga digunakan dalam makanan penutup susu dan zerde. Dengan warnanya yang kuning dan baunya yang menyengat, lebih disukai sebagai bahan saus dalam masakan ayam dan aneka semur ikan.

Anda juga bisa mengonsumsi saffron sebagai teh. 6-7 potong saffron sudah cukup untuk menyiapkan 1 cangkir teh saffron. Tambahkan saffron ke dalam air mendidih dan biarkan diseduh selama 5 menit. Anda juga bisa menggunakan batang kayu manis atau madu untuk mempermanis teh safron .

Minyak saffron yang diperoleh dari biji bagian paku tanaman saffron sangat bermanfaat. Saffron, yang digunakan dalam makanan, makanan jadi dan sirup karena sifat pewarna dan penyedapnya, juga banyak digunakan di berbagai bidang, terutama di industri farmasi, pencelupan kain dan pembuatan parfum.

Itulah informasi tentang Apakah saffron boleh dimakan? Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang aneka tumbuhan herbal yang bisa mengantarkan kita pada hidup yang lebih sehat.

Sumber Pustaka

Berikut ini adalah daftar pustakan tentang artikel Apakah saffron boleh dimakan?

Originally posted on January 14, 2022 @ 1:41 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.