Apakah Minyak Zaitun Cocok Untuk Wajah?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 15, 2021)

Tentang Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sebuah minyak yang berasal dari buah zaitun dan merupakan makanan pokok di beberapa daerah Mediterania.

Minyak ini memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi saat dikonsumsi, sekaligus juga bisa memberikan manfaat jika dioleskan pada kulit dan rambut.

Apakah Minyak Zaitun Cocok Untuk Wajah?

Jika anda menanyakan apakah minyak zaitun cocok untuk wajah? Maka jawabannya adalah minyak zaitun sangatlah baik untuk wajah.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah telah dibuktikan oleh manusia sejak zaman dahulu, bahkan minyak zaitun sebenarnya digolongkan sebagai tumbuhan obat.

Beberapa manfaat potensial minyak zaitun untuk kulit antara lain adalah:

1. Merefresh kulit

Kandungan antioksidan di dalamnya, membuat minyak zaitun dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah oksidasi pada kulit.

Oksidasi itu sendiri adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat menyebabkan kanker perkembangan.

Saat dioleskan ke kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini yang bisa terjadi pada kulit.

Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah terpapar sinar matahari dapat melawan sel yang menjadi penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya.

Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun di kulitnya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk memahami efek sifat antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

2. Menjaga Kesehatan Kulit karena kaya Kandungan vitamin

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak . Beberapa vitamin ini mungkin bermanfaat bagi kulit.

BACA JUGA:  Arti Nama Islam Zia atau Ziya

Misalnya, orang telah menggunakan minyak vitamin E secara topikal sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim .

3. Sebagai Antibakteri

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang kemampuan minyak zaitun untuk mengendalikan bakteri pada kulit.

Satu studi kecil mengamati efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada Staphylococcus aureus pada kulit.

Hasilnya ditemukan bahwa kedua minyak tersebut menunjukkan sifat antibakteri, tetapi minyak kelapa murni lebih efektif dalam membasmi bakteri.

Meskipun demikian, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada orang dengan ulkus kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2 .

4. Sebagai pelembab

Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang keefektifannya.

Cara Untuk menggunakan minyak zaitun pada kulit

Minyak zaitun merupakan bahan dalam banyak produk perawatan pribadi, termasuk pencuci muka, sabun mandi, sabun, dan losion. Cara lain untuk menggunakan minyak zaitun pada kulit meliputi:

1. Pelembab dan perawatan setelah berjemur

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai lotion pelembab dengan mengoleskannya langsung ke kulit sebelum menghilangkan minyak berlebih. Sebagai alternatif, minyak bisa dioleskan ke kulit lembab untuk mencegah rasa berminyak.

Berdasarkan studi tentang efek antioksidannya pada tikus, minyak zaitun mungkin sangat bermanfaat bila diterapkan setelah terpapar sinar matahari.

2. Eksfoliator

Untuk pengelupasan wajah dan tubuh serta merawat area kulit kering atau bersisik, seseorang bisa mencampurkan minyak zaitun dan garam laut untuk membuat scrub.

Orang harus menggunakan garam berbutir halus di wajah dan area sensitif lainnya, dan butiran kasar di seluruh tubuh.

BACA JUGA:  Arti Mimpi Menikah Menurut Islam

3. Penghilang riasan mata

Minyak zaitun memecah zat tahan air di riasan mata, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Untuk menghilangkan riasan mata, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area mata dengan lembut.

4. Masker wajah

Orang dengan kulit kering mungkin melihat manfaat dari penggunaan masker wajah berbahan dasar minyak zaitun.

Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan seperti putih telur, madu, atau oat giling dapat melembutkan dan melembabkan wajah.

5. Perawatan Kulit keriput

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah terpapar sinar matahari.

6. Minyak Penghilang bekas luka

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Cukup pijat minyak yang belum diencerkan ke dalam bekas luka atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena jaringan parut.

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark, meskipun penelitian tentang keefektifannya menemukan hasil yang beragam.



Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *