Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer?

Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer? Minyak zaitun selain dikenal sebagai minyak sehat dan lezat untuk makanan juga telah banyak digunakan sebagai minyak kecantikan dan perawatan kulit.

Di antara hal yang banyak ditanyaakn oleh netizen perihal minyak zaitun untuk kecantikan adalah apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer?

Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer?

Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer?
Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer?

Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer? jawabannya adalah minyak zaitun bisa digunakan sebagai moisturizer, bahkan minyak zaitun termasuk moisturizer yang bagus untuk kulit.

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Minyak zaitun mengandung zat emolien penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, sehingga memiliki sifat pelembab yang sangat baik.

Jika Anda menderita kulit yang sangat kering dan/atau bermasalah, minyak zaitun mungkin merupakan pilihan yang baik—terutama selama waktu musim dingin.

“Integritas kulit kita bergantung pada penghalang lipid, yang menyatukan sel-sel kulit individu — saat cuaca dingin, kita biasanya mulai menggunakan pemanas yang menguapkan penghalang cair kulit dan menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah,” jelas Neda Mehr, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur medis di Pure Dermatology Cosmetic & Hair Center di Newport Beach, California.

“Minyak zaitun adalah pelembab kulit yang sangat baik, terutama jika dioleskan pada kulit basah saat pori-pori terbuka, dan dapat bertindak sebagai penghalang kulit kedua untuk kulit kering dan pecah-pecah di musim dingin.”

Manfaat besar lain dari minyak zaitun adalah sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Dermatologists mengatakan bahwa bahan anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak zaitun (triterpen) membantu penyembuhan luka dengan membantu produksi kolagen dan mengurangi lamanya waktu penutupan luka.

Dan penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun membantu menyembuhkan kulit setelah terbakar sinar matahari.

BACA JUGA: Apakah minyak zaitun menyebabkan jerawat?

Efek Samping Minyak Zaitun untuk Kulit

Selain minyak zaitun yang memiliki sifat pelembab yang luar biasa, ini bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa pun yang berurusan dengan jerawat.

“Ketika kita berbicara tentang gangguan produksi minyak yang berlebihan, seperti jerawat, minyak zaitun bisa menjadi salah satu produk terburuk untuk dioleskan ke kulit Anda, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat yang parah,” jelas Dr. Mehr.

Dan sementara minyak zaitun dapat membantu menyembuhkan sengatan matahari, Anda tentu tidak ingin menggunakannya saat sedang terkena sinar matahari.

“Bayangkan di tahun 50-an, ketika orang akan mengoleskan baby oil dan memasak di bawah sinar matahari,” kata Dr. Mehr.

Minyak zaitun yang dioleskan di pagi hari tanpa pelindung matahari baik dari pakaian lengan panjang atau tabir surya adalah penyebab kulit terbakar dan potensi kerusakan kulit yang parah.

Dengan demikian jika anda memutuskan untuk menggunakan minyak zaitun untuk kulit, mungkin anda perlu mencoba pada bagian kulit secara sedikit dahulu untuk mengetesnya.

Jika sekiranya tidak masalah maka anda bisa melanjutkan menggunakan minyak zaitun ke area kulit yang lebih banyak.

BACA JUGA: Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit?

Itulah informasi seputar Apakah minyak zaitun bisa jadi moisturizer? Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • Apakah Minyak Zaitun Baik untuk Kulit Anda? link.
  • Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Anda link.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *