minyak zaitun atau olive oil

Apakah Minyak Zaitun atau Olive Oil bisa Diminum?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 19, 2021)

Minyak Zaitun Dengan Kandungan Manfaat Yang Luar Biasa

Minyak zaitun merupakan bahan makanan khas daerah Mediterania dianggap sebagai salah satu makanan yang paling sehat di dunia, dan kenyataaannya memang demikian.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun Ini mengandung makanan kaya serat yang dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh kita untuk bertahan hidup.

Konon, salah satu bahan utama yang digunakan dalam diet masyarakat Mediterania adalah minyak zaitun, yang banyak digunakan hingga saat ini karena manfaat dan keuntungan kesehatannya yang luar biasa.

Apakah minyak zaitun atau olive oil bisa diminum?

Kalau anda bertanya, apakah minyak zaitun olive oil bisa diminum? Maka jawabannya adalah minyak zaitun bisa langsung diminum. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun extra virgin adalah jenis minyak goreng terbaik yang pernah ada.

Tapi, seperti beragam jenis minyak sayur lainnya, minyak zaitun ini harus diminum dalam jumlah sedang saja, jangan terlalu berlebihan.

Sekarang, mudah untuk mengatakan kalau minyak zaitun adalah minyak yang paling sehat untuk digunakan, tetapi apakah sangat menyehatkan sehingga Anda benar-benar dapat meminumnya?

Menurut beberapa orang, meminum minyak zaitun hampir seperti “mendapatkan manfaat dan keuntungan dari akarnya”.

Ini berarti bahwa Anda pada dasarnya akan mendapatkan beragam manfaat dan keuntungan penuh dari minum minyak zaitun daripada menggunakannya untuk memasak makanan.

Namun, itu semua tergantung pada merek minyak zaitun yang Anda gunakan.

Minyak zaitun mengandung banyak manfaat, dan banyak orang yang menyarankan untuk memperoleh manfaat dan keuntungan dengan meminumnya.

Namun, ini semua tergantung pada merek minyak zaitun yang digunakan karena pada kenyataannya ada merek yang kurang baik dikonsumsi karena pengolahannya atau kualitas zaitun yang kurang bagus.

Potensi manfaat dan keuntungan Minum Minyak Zaitun

Adapun manfaat umum mengonsumsi dan meminum minyak zaitun meliputi beragam hal seperti berikut:

1. Minyak Zaitun Sebagi Antiinflamasi

Senyawa penangkal penyakit ini akan sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

BACA JUGA:  Apakah Minum Air Membatalkan Wudhu?

2. Sifat detoksifikasi

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan tinggi polifenol. Juga kandungan Oleocanthalnya membantu mencegah atau melawan kanker.

3. Asupan Harian Asam Lemak Sehat

Sudah terkenal di zaman sekarang ini kalau orang mengonsumsi terlalu banyak lemak tidak sehat dan terlalu sedikit lemak sehat. Sejujurnya, sulit untuk mengetahui apakah Anda makan makanan yang benar jika Anda tidak tahu apa bedanya.

4. Mengandung Polifenol Sehat

Polifenol adalah senyawa tumbuhan yang sangat menyehatkan bagi tubuh manusia. Itulah mengapa sebaiknya Anda memilih minyak zaitun extra virgin yang memiliki kandungan fenolik tinggi – terutama jika Anda berencana meminumnya.

Minyak zaitun mengandung banyak senyawa bermanfaat, termasuk oleocanthal , hydroxytyrosol, oleacein, oleuropein, tirosol, dan ligstroside.

Dalam panduan diet menyarankan kalau 20-35% dari asupan kalori harian Anda harus berasal dari lemak tak jenuh.

Alasan utama untuk memilih minyak zaitun extra virgin karena ini salah satu sumber nabati terkaya dari senyawa dan asam lemak sehat ini.

Jadi, minumlah satu sendok teh (atau tiga) minyak zaitun extra virgin tinggi fenolik sehari untuk meningkatkan asupan asam lemak sehat tersebut.

5. Meredakan Sembelit

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi satu sendok teh (4ml) minyak zaitun setiap hari mengalami pereda sembelit yang signifikan.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim ini, tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencobanya.

6. Minyak Zaitun Extra Virgin dan Kesehatan Jantung

Bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk kesehatan jantung Anda . Di sinilah asam oleat yang disebutkan sebelumnya berperan.

Berbeda dengan lemak dan minyak lainnya, minyak zaitun extra virgin dapat mengurangi risiko penyakit jantung .

Faktanya, menurut sebuah penelitian , orang yang mengonsumsi 60ml minyak zaitun sehari ternyata 30% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung.

Lebih lanjut, Food and Drug Administration (FDA) juga menyatakan kalau minyak zaitun extra virgin yang kaya asam oleat dapat menurunkan risiko penyakit jantung bila dikonsumsi setiap hari.

BACA JUGA:  Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit

Masih banyak lagi penelitian yang menunjukkan manfaat dan keuntungan minyak zaitun extra virgin kaya oleat untuk kesehatan jantung.

Beragam Pertanyaan Tentang Meminum Minyak Zaitun

1. Berapa banyak takaran minyak zaitun yang harus Diminum?

Seperti disebutkan sebelumnya, seseorang disarankan untuk meminum satu hingga tiga sendok teh minyak zaitun extra virgin berkadar fenolik tinggi setiap hari, tergantung pada kandungan fenoliknya yang unik.

2. Minyak zaitun jenis apa yang bisa saya minum?

Penting untuk diingat kalau jika Anda akan minum minyak zaitun, Anda harus memilih merek yang menawarkan minyak zaitun extra virgin yang tinggi polifenol, dan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti Hypereleon.

3. Bisakah saya minum minyak zaitun di malam hari?

Ya, Anda bisa minum minyak zaitun di malam hari. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun sangat bagus untuk kesehatan pencernaan.

Oleh karena itu, minum satu sendok teh di malam hari sebelum tidur dapat membantu Anda mencerna makan malam dengan baik dan bahkan membantu menurunkan berat badan, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan dalam hal ini.

Meski demikian, cara terbaik meminum minyak zaitun adalah di pagi hari 10-15 menit sebelum sarapan.

Dengan cara ini, Anda bisa memastikan penyerapan yang optimal dari bahan-bahan minyak yang tak ternilai harganya. Idealnya, Anda boleh mengkonsumsinya pagi dan malam untuk hasil terbaik.

Hal-hal yang perlu Diketahui Saat Memutuskan untuk Meminum atau Mengonsumsi Minyak Zaitun

Sementara minyak zaitun adalah sumber senyawa sehat yang sangat baik, beberapa orang memiliki keberatan ketika mempertimbangkan efek sampingnya.

Meskipun Anda memang harus mengonsumsi apa pun dalam jumlah sedang, berikut adalah beberapa jawaban untuk kerugian umum dari minum minyak zaitun.

1. Kandungan Kalori Tinggi Dapat Menyebabkan Berat Badan

Dengan minyak zaitun extra virgin fenolik tinggi, Anda biasanya mengonsumsi lebih sedikit karena nilai gizinya yang kaya.

BACA JUGA:  Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia?

Hal ini berarti Anda akan menuai semua manfaat dan keuntungan sambil mengurangi konsumsi minyak sebenarnya yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun demikian, apa pun yang Anda makan, selalu penting untuk memastikan Anda mendapatkan lebih banyak manfaat dan keuntungan sambil tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Karena konsentrasi polifenol yang sangat tinggi di Hypereleon, Anda hanya perlu 1-3 sendok teh, tergantung pada variasi spesifiknya. Oleh karena itu, penambahan berat badan tidak perlu dikhawatirkan saat Anda menggunakan Hypereleon.

2. Menggantikan Makanan Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, membeli dan menggunakan minyak zaitun extra virgin fenolik tinggi berarti Anda menggunakan lebih sedikit minyak karena jumlah kecil sudah memberikan nutrisi yang Anda butuhkan.

Jumlah kandungan zat yang bergizi ini menjadikan konsumsi minyak zaitun menjadi pengganti konsumsi makanan-makanan sehat lainnya.

3. Lebih bermanfaat daripada dikonsumsi dengan makanan lainnya

Meskipun mengonsumsi minyak zaitun dengan makanan tertentu dapat meningkatkan penyerapannya, Anda tetap dapat memperoleh manfaat dan keuntungan dari meminum minyak zaitun secara langsung.

Hal ini tentu saja berlaku jika Anda membeli merek yang tepat sekaligus mempertahankan pola makan yang sehat secara keseluruhan.

4. Memperhatikan Reaksi Alergen

Seperti halnya alergen lainnya, Anda harus memastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi dengan buah zaitun atau produk minyak zaitun.

Meskipun demikian, kemungkinan kecil reaksi alergi dari minyak zaitun akan berkurang jika Anda membeli merek organik menggunakan pabrik minyak bersertifikat.

Hypereleon 100% organik dan diproduksi di pabrik minyak bersertifikat pemenang penghargaan. Faktanya, minyak zaitun extra virgin fenolik tinggi sebenarnya dapat mengobati alergi.



Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *