Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata?

Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata? Minyak zaitun merupakan minyak yang banyak digunakan sebagai obat dan juga ramuan perawatan kecantikan kulit.

Di antara penggunaan minyak zaitun adalah untuk dioleskan di kulit wajah. Namun bagaimana jika minyak zaitun terkena mata? Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata?

Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata?

Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata?
Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata? Gambar Ilustrasi Minyak Zaitun

Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata? Jika anda menanyakan apakah minyak zaitun aman jika terkena mata? Maka secara singkat jawabannya adalah aman-aman saja.

Namun untuk penggunaan secara sengaja, itu masih diperdebatkan. Para dokter kesehatan melarang penggunaan minyak zaitun sebagai tetes mata, tetapi boleh untuk obat luar lain seperti tetes telinga.

Mereka menyarankan untuk mendapatkan manfaat zaitun dengan dikonsumsi saja.

Meskipun demikian, ada juga produk kesehatan yang menggunakan minyak zaitun sebagai tetes mata.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan nutrisi anti-inflamasi yang terbukti sangat bermanfaat untuk riasan dan perlindungan mata.

Dan sangat aman untuk mengoleskan minyak zaitun alami dan murni ke mata. Minyak zaitun biasanya dilihat sebagai penghilang riasan mata yang akan dengan aman menghilangkan perona mata dan maskara tahan air.

Dan Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menambahkan lebih banyak kelembapan pada kulit di sekitar mata, memperbaharui dan menyegarkannya.

Pembuatan eye scream yang berkualitas dari minyak manuka jauh lebih liar dan lebih aman daripada yang terbuat dari bahan lainnya.

Baik untuk pria atau wanita, minyak zaitun adalah pilihan yang aman dan tidak ada duanya untuk pelindung mata.

Minyak zaitun juga merupakan salah satu aromaterapi yang merupakan salah satu bentuk pengobatan alternatif yang menggunakan bahan tanaman yang mudah menguap yang disebut dengan minyak atsiri.

Minyak jenis ini baik untuk kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya. Dan jika tidak ada yang salah dengan mata Anda, tidak masalah jika minyak zaitun masuk ke mata Anda secara tidak sengaja.

Karena minyak zaitun hanya berfungsi untuk mata sembab, mata hitam dan mata kering. Tapi tidak masalah, Anda hanya perlu membersihkannya tepat waktu.

Pertama, basuh mata Anda dengan air hangat dan bersih tanpa pembersih wajah.

Kedua, oleskan mata kompres handuk hangat dan berair selama 5 menit.

Ketiga, jika mata Anda masih terasa iritasi atau nyeri, teteskan beberapa tetes mata dasar yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman Anda. Saat benda asing ini masuk ke mata, mata Anda akan terasa sakit dan kemerahan.

Tapi kamu’ akan baik-baik saja dan tidak akan merusak mata kecuali mata Anda terluka sebelumnya.

Namun, untuk menghindari potensi penyakit mata, sebaiknya Anda bertanya kepada dokter untuk menjelaskan kondisi Anda dan mencari solusi yang tepat.

Tiga Manfaat Minyak zaitun

1. Perlindungan Kanker

Zaitun memberikan perlindungan antioksidan yang melimpah melalui senyawa fenolik nabati yang juga diserap dengan baik oleh manusia.

Mendapatkan antioksidan dari diet Anda melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Banyak ahli percaya kerusakan radikal bebas merupakan faktor utama dalam perkembangan kanker dan penyakit lainnya.

2. Jantung Sehat

Lemak makanan telah mendapat perhatian negatif selama beberapa dekade terakhir. Jenis lemak utama yang ditemukan dalam minyak zaitun adalah tak jenuh tunggal (MUFA) yang sebenarnya dianggap sebagai bentuk lemak makanan yang sehat.

MUFA telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah Anda.

3. Kesehatan Mata

Retina mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi sehingga masuk akal jika retina membantu penglihatan Anda.

Menurut sebuah studi University of Melbourne, orang yang mengonsumsi minyak zaitun paling banyak memiliki kemungkinan setengahnya untuk mengalami degenerasi makula terkait usia . Mereka dengan hasil terbaik mengonsumsi sekitar tujuh sendok makan per minggu.

Cara Memilih Minyak Zaitun Berkualitas

Minyak zaitun dapat menjadi tengik karena terpapar cahaya, udara, atau panas, jadi pastikan untuk mencari produk yang dikemas dalam botol kaca berwarna. Simpan minyak zaitun di tempat yang sejuk jauh dari panas langsung atau tidak langsung. Kabinet di atas kompor bukanlah tempat yang baik untuk menyimpan minyak zaitun. Kecuali Anda dapat menggunakan botol besar dalam 30-60 hari, hindari membeli botol besar karena minyak akan mulai teroksidasi dengan setiap paparan udara.

Tidak semua produk minyak zaitun diciptakan sama. Belilah minyak zaitun extra virgin kualitas dingin dari buah zaitun yang ditanam secara organik. Jangan tertipu oleh versi “ringan”. Kandungan kalori dan lemaknya biasanya sama tetapi perbedaannya lebih banyak pemrosesan yang memengaruhi rasa dan mengurangi fitonutrien yang membuatnya sangat sehat.

Memasak dengan Minyak Zaitun

Hindari memanaskan minyak zaitun untuk resep tumis. Sebagai gantinya, tumis sayuran Anda dalam kaldu. Setelah sayuran dimasak hingga al dente, aduk dengan minyak zaitun dan taburi dengan sedikit garam laut.

Sumber:

  • 15 Home Remedies For Dry Eyes, Causes, And Tips To Prevent, link.

Originally posted on March 15, 2021 @ 7:29 am

Fatma Nuriya

Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *