Apakah Mesir Negara Islam?

Apakah mesir negara islam? Mesir merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragam Islam dan termasuk negara Arab yang terletak di wilayah utara benua Afrika.

Meskipun mayoritas penduduk Mesir beragama Islam, apakah mesir negara Islam? Atau apakah mesir termasuk negara sekuler?

Apakah mesir negara islam?

Apakah Mesir negara Islam? Mesir dianggap sebagai negara yang menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam hukum, politik dan adat sosial kemasyarakatan meskipun Mesir juga dianggap sebagai negara sekuler.

Islam telah menjadi agama negara di Mesir sejak amandemen pasal kedua konstitusi Mesir pada tahun 1980, dimana sebelum itu Mesir diakui sebagai negara sekuler.

Agama di Mesir

Agama memainkan peran besar dalam masyarakat Mesir. Prinsip-prinsip Islam mengenai hukum, politik dan adat istiadat sosial terus mempengaruhi hukum Mesir dan interaksi politik meskipun status formal Mesir sebagai negara sekuler. Sebagian besar penduduk Mesir (90%) mengidentifikasi diri sebagai Muslim, sebagian besar dari denominasi Sunni.

Dari populasi yang tersisa, 9% diidentifikasi sebagai KoptikOrtodoksKristen dan 1% sisanya mengidentifikasi dengan beberapa denominasi Kristen lainnya. Sementara statistik ini memberikan gambaran tentang lanskap keagamaan Mesir, ada juga sejumlah kecil orang yang mengidentifikasi diri sebagaiateis atau nonreligius, serta beberapa yang menganggap diri mereka Muslim karena lahir tetapi tidak karena pengabdian.

Ketegangan sosial seringkali muncul dari perbedaan agama. Orang-orang yang menjalankan agama minoritas mungkin mengalami beberapa bentuk diskriminasi, dan terkadang ada bentrokan antara mayoritas Muslim dan minoritas Kristen Koptik.

Perkawinan campur atau pindah agama mungkin juga tidak dianjurkan atau dilarang oleh keluarga. Namun, bagi banyak orang Mesir, perbedaan antara afiliasi agama mereka tidak selalu relevan dalam interaksi mereka dengan orang lain, dan hubungan umumnya saling menghormati.

Di Mesir, Muslim dan Kristen tidak dipisahkan secara pemukiman, dengan kelompok Kristen Koptik tersebar di antara mayoritas Muslim. Ekspresi penghormatan sehari-hari terhadap keyakinan mereka adalah umum di antara kedua kelompok agama dan, pada tingkat umum, banyak nilai-nilai agama yang dianut,

Agama Islam di Mesir

Bagi sebagian besar penduduk Mesir yang mengidentifikasi diri sebagai Muslim (Sunni), Islam memainkan peran penting dalam kehidupan pribadi, politik, dan hukum mereka. Negara ini telah lama menjadi pusat beasiswa Islam, dengan Mesir menjadi rumah bagi salah satu lembaga pendidikan Islam tertua dan paling dihormati di dunia.

Identifikasi dengan Islam dapat menjadi budaya sampai batas tertentu, karena sering kali dapat ditarik paralel antara prinsip-prinsip Islam dan nilai-nilai Mesir. Namun, orang Mesir umumnya taat dan taat pada agama karena iman yang dalam.

Di Mesir, ekspresi sehari-hari dari agama Islam cenderung melalui pakaian, aturan diet, doa teratur dan sering merujuk pada kehendak atau berkah Allah (Tuhan). Misalnya, hari Jumat dianggap sebagai hari suci dan merupakan hari utama shalat berjamaah.

Ini berarti bahwa hari Jumat menandai istirahat dalam minggu kerja, dan akhir pekan dua hari terjadi pada hari Jumat dan Sabtu. Juga umum untuk menemukan orang Mesir sering merujuk kepada Tuhan dengan pernyataan tentang masa depan yang sering mengandung pernyataan insya Allah untuk menunjukkan bahwa, pada akhirnya, masa depan ditentukan oleh kehendak Tuhan.

Agama Ortodoks Koptik di Mesir

Mayoritas Koptik tinggal di Mesir dan Koptik Ortodoks adalah denominasi Kristen terbesar di negara ini (dengan antara 6 dan 11 juta pengikut). Diperkirakan bahwa asal usul Gereja Ortodoks adalah orang Mesir; karenanya, orang Koptik sering disebut sebagai ‘Kristen Mesir’.

Agama terus memberi penghormatan kepada asal-usul kunonya dengan penggunaan kalender Koptik dan dengan layanan Koptik yang biasa dilakukan dalam bahasa Koptik kuno bersama dengan bahasa Arab. Penanda umum orang Kristen di Mesir adalah tato salib di bagian dalam pergelangan tangan kanan seseorang.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.