Apakah Malaikat Akan Mati Saat Kiamat?

Apakah malaikat akan mati saat kiamat? Malaikat adalah makhluk Allah yang memiliki beragam tugas, seperti mengantarkan wahyu, mencatat amal, dan lain sebagainya.

Malaikat berbeda dengan manusia dan jin, di mana malaikat tidak dibebani syariat sebagai mana jin dan manusia.

Jika malaikat berbeda dengan jin dan manusia dan juga makhluk lainnya, apakah malaikat juga bisa mati? apakah malaikat akan mati saat kiamat?

Apakah Malaikat Akan Mati Saat Kiamat

Karena malaikat adalah makhluk yang berjiwa, yaitu memiliki ruh, maka mereka juga akan mati pada hari kiamat. Hal ini sesuai dengan ketentuan ayat berikut:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. QS Ali Imran ayat 185.

Pada hari kiamat semua makhluk akan mati termasuk malaikat. Meskipun demikian malaikat akan menjadi makhluk terakhir yang mati setelah makhluk-makhluk lain mati terlebih dahulu.

Hal ini karena malaikat punya tugas untuk mengurus makhluk hidup lainnya seperti jin dan manusia. Setelah semua tugas malaikat selesai di Hari Kiamat, maka giliran mereka untuk mati.

Setelah kematian malaikat pada hari kiamat, mereka akan dibangkitkan lagi untuk melakukan tugas-tugas berikutnya:

Imam Ghazali menjelaskan waktu kematian malaikat sebagai berikut: Ketika Hari Pembalasan tiba, Israfil (as) akan meniup terompet. Semua makhluk hidup di langit dan di bumi akan mati karena ketakutan yang hebat akan tiupan ini.

Namun, ada malaikat yang dihindarkan oleh Allah swt dari kematian kematian pada masa itu, yaitu di antaranya adalah Jibril (as), Mikail (as), Israfil (as) dan Izrail (as).

Kemudian Allah SWT memerintahkan Izrail (as) untuk mengambil jiwa Jibril (as), Mikail (as), Israfil (as) secara berurutan.

Kemudian, sebuah perintah datang kepada Izrael (as) dan dia akan mati. Kemudian, setelah tiupan pertama, semua makhluk akan tinggal di alam kubur yang disebut barzakh selama empat puluh tahun. Kemudian Allah (swt) membangkitkan Israfil (as) dan memerintahkannya untuk meniupkan tiupan kedua dan seterusnya.” Wallahua’lam.

Originally posted on February 14, 2022 @ 8:10 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *