Apakah makan anjing haram?

Apakah makan anjing haram? Anjing adalah hewan yang banyak dipelihara untuk keperluan tertentu, seperti penjaga, untuk berburu bahkan untuk dipelihara.

Dalam Islam, anjing termasuk hewan yang najis dan namun bisa dipelihara dengan tujuan tertentu seperti untuk penjaga dan keperluan berburu.

Lalu apakah makan anjing haram? Apakah hukum memakan daging anjing?

Apakah makan anjing haram?

Berdasarkan hadis dari Rasulullah Saw, para ulama menyatakan bahwa makan daging anjing hukumnya adalah haram. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah anjing merupakan hewan yang memiliki gigi dan cakar.

Selain itu terdapat dalil lain yang mengarah pada haramnya makan daging anjing sehingga mayoritas ulama baik dalam mazhab empat juga mengharamkan daging anjing.

Berikut ini adalah dalil diharamkannya anjing untuk dimakan:

1. Anjing Memiliki Taring dan Cakar

Hewan yang memiliki gigi dan cakar itu hukumnya haram dimakan sebagaimana sabda dari Rasulullah saw berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السِّبَاعِ وَعَنْ كُلِّ ذِي مِخْلَبٍ مِنْ الطَّيْرِ

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: “Rasulullah saw melarang (memakan) semua binatang buas yang bertaring, dan burung yang bercakar.” (HR. Bukhari Muslim).

Dengan demikian, makan segala binatang yang bertaring seperti singa, harimau, anjing, kucing, burung elang dan lain sebagainya hukumnya adalah haram (sumber).

2. Harga Anjing Dilarang

Anjing adalah hewan yang dilarang untuk diperjual belikan. Jika jual belinya saja dilarang maka memakannya pasti juga dilarang karena barang yang dilarang dimakan pun juga dilarang untuk diperjual belikan.

Larangan harga anjing ini terdapat dalam banyak hadis di antaranya adalah seperti berikut: Dari Abu Az-Zubair, beliau berkata:

سَأَلْتُ جَابِرًا، عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ؟ قَالَ: زَجَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ

“Aku bertanya kepada Jaabir tentang harga anjing dan kucing? Beliau jawab: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam melarang dari hal tersebut.” (Shahih Muslim, no. 1569)

Baca Juga: Apakah Serigala Sama Najisnya Dengan Anjing?

3. Anjing Hewan Najis

Anjing adalah hewan yang najis dan dalam mazhab Syafii anjing termasuk ke dalam najis besar. Adapun makan barang najis hukumnya adalah haram sehingga makan anjing pun hukumnya haram secara syari (sumber). Wallahua’lam

Originally posted on February 20, 2022 @ 5:51 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *