Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung? Madu selain sebagai bahan makanan, juga banyak digunakan untuk bahan obat yang sudah dikenal sejak zaman kuno.

Kandungan vitamin dalam madu yang bermanfaat sangat baik untuk membantu mengobati beragam penyakit, salah satunya adalah penyakit yang berhubungan dengan lambung. Lalu Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?
Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Jika anda menanyakan apakah madu bisa mengobati asam lambung? Maka jawabannya adalah madu bisa mengobati asam lambung.

Beberapa orang menggunakan terapi konsumsi madu sebagai sarana untuk mengobati asam lambung.

Beberapa orang berhasil mengatasi sakit asam lambung menggunakan madu sehingga anda pun bisa mencoba untuk mengobati asam lambung dengan madu.

BACA JUGA: Apa Itu Penyakit Ain? Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Ain?

Terjadinya Asam Lambung

Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?
Apakah Madu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Penyakit asam lambung terjadi karena adanya produksi asam berlebih yang dilakukan oleh kelenjar lambung.

Jika sfingter esofagus tidak berkontraksi sebagaimana mestinya, maka asam lambung pun akan mulai bergerak mundur.

Hal ini menjadikan asam lambung bergerak dari lambung ke esofagus atau pipa makanan yang seharusnya tidak terjadi.

Keadaan ini pun kemudian akan memberikan tubuh sebuah sensasi seperti terbakar di tenggorokan dan dada yang tentunya memunculkan rasa tidak enak hingga sakit sekali.

Gejala refluks asam karena adanya hal di atas yang lain adalah mulas, sakit tenggorokan, perut kembung, dan adanya gas.

Beberapa penyebab keasaman ini adalah dikarenakan banyak hal seperti pola makan yang buruk, merokok, makan berlebihan, konsumsi alkohol, serta kurang tidur.

Dalam hal ini kita bisa mengetahui bahwa syariat Islam yang mengatur pola makan dan juga makanan yang halal itu memang karena kebaikan manusia itu sendiri.

BACA JUGA: Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? 7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Saffron

Madu Untuk Mengobati Asam Lambung

Madu mengandung vitamin, mineral, enzim, dan asam amino serta beragam zat lain yang sangat bermanfaat.

Madu juga dikenal dengan sifat antibakterinya membuat madu kerap digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, masalah kulit, meredakan batuk, dan mengurangi peradangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu merupakan sumber antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas.

Riset dan beragam penelitian tentang madu juga menyebutkan bahwa acid reflux atau asam lambung ini bisa terjadi karena radikal yang merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan.

Mengonsumsi madu secara rutin dapat memainkan peran penting untuk pengobatan asam lambung ini karena madu mampu mengontrol kerusakan dengan menghilangkan radikal bebas dan juga mengurangi peradangan pada saluran makanan.

Mengonsumsi madu untuk mengatasi dan mengobati asam lambung adalah cara terbaik untuk mengurangi sensasi terbakar yang dialami karena madu membantu melapisi esofagus.

Hal ini tentu menjadikan anda bisa mengonsumsi madu untuk mengobati penyakit-penyakit termasuk asam lambung.

Beragam Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Selain Madu Bisa Mengobati Asam Lambung, Madu juga kaya akan banyak manfaat lainnya. Di antaranya adalah, Madu juga bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Perawatan kesehatan: 3 sendok makan madu dicampur dengan air hangat setiap hari/ramuan 1/2 sendok makan madu diminum setiap pagi/sebelum tidur- kurang tidur 1-2 sendok makan madu atau campur jus/insomnia 1 sendok makan madu Minum saat makan malam atau sebelum tidur.

Batuk, bronkitis, lendir, 1-2 siung bawang putih (ditumbuk halus), 1/2 air jeruk lemon, sejumput garam. 2-3 polong borneol atau kapur barus, 2 sendok makan madu

Kembung, gangguan pencernaan 1/2 sendok makan madu 1/2 cangkir jus jahe pekat sejumput garam minum 3 kali sehari setelah makan/sembelit 1 sendok makan madu sebelum tidur/diare berat 1-2 sendok makan madu 1/2 sendok teh garam dicampur air Hangat 1 maag/gastritis, minum 2-3 sendok makan madu saat sakit dan 3 sendok makan sebelum tidur.

Anak mengompol 1 sendok teh madu (tidak dicampur air) diminum sebelum tidur/anak meludahi susu 1/2 -1 sendok makan madu dicampur susu untuk diminum anak/anak tumbuh lambat dan anemia Madu dicampur susu diminum teratur/penyakit anak Gangguan gastrointestinal: 1 sendok teh madu per cangkir air.

Kram otot 2 sendok teh madu diminum setiap kali makan – membersihkan luka, bisul, luka kronis 1 bagian madu dicampur dengan 9 bagian air untuk membasuh luka 2 bawang merah ditumbuk sampai bersih + tapal madu Dinginkan air matang dan bilas sampai bersih. Gunakan kapas atau perban yang dibasahi dengan madu untuk menutupi area luka/luka bakar, melepuh, mengenai pipa knalpot. dan kemudian ganti perban setiap 12 jam

pasien dengan alkoholisme (sirosis/penyakit liver) 1 sendok makan madu dicampur dengan 1/2 gelas air, diminum 3 kali sehari secara teratur. Minum 1-2 sendok makan madu sebelum tidur / penderita ambeien Madu dengan Nada Bawang Putih Dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan.

Dehidrasi atau kehilangan darah (10-20%) 1 gelas air dicampur dengan 1/2 sendok teh garam dan 2 sendok makan madu.

Sumber: http://www.thaihealth.or.th/

Originally posted on March 13, 2021 @ 7:08 pm

Fatma Nuriya

Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *