Apakah kurma bisa basi?

Apakah kurma bisa basi? Kurma merupakan makanan yang banyak dikonsumsi terutama pada bulan ramadhan sebagai takjil. Kurma kering biasanya dapat bertahan hingga beberapa bulan, namun apakah kurma bisa basi?

Apabila bisa basi bagaimana cara menyimpan kurma agar bisa bertahan lama?

Apakah kurma bisa basi?

Meskipun kurma bisa bertahan lama, namun kurma bisa saja basi terutama jika cara menyimpannya kurang baik. Kurma yang basi biasanya bertekstur buruk, rasanya aneh dan kadang ada jamurnya. Pada beberapa jenis kurma bisa mengeluarkan belatung jika sudah rusak atau basi.

Jika kurma tidak disimpan dalam kondisi yang sesuai, maka kurma bisa menjadi basi dengan cepat. Bahkan kurma dapat mengeluarkan belatung.

Oleh karenanya, baik kurma kering maupun kurma basah harus disimpan dalam kondisi yang sesuai. Kurma kering harus disimpan pada 0-10 derajat di dalam crisper, dan kurma segar harus disimpan dalam freezer hingga -16 derajat.

Cara Menyimpan Kurma

Kurma adalah jenis buah kering yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga disebut bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Kurma memiliki rasa manis, menjadikannya alternatif yang bagus untuk gula rafinasi saat mempermanis makanan penutup Anda.

Kurma terasa paling enak jika bisa mempertahankan kelembapannya, jadi sangat penting untuk menyimpannya dengan benar. Jika Anda berencana untuk memakan kurma pada waktu berikutnya, simpanlah dalam wadah kedap udara di dapur Anda.

Anda juga dapat menggunakan lemari es untuk menyimpan kurma hingga satu tahun. Jika Anda membeli kurma dalam jumlah besar dan berencana untuk menggunakannya di kemudian hari, simpanlah di dalam freezer.

Ada dua jenis kurma, kurma segar dan kurma kering, yang memiliki nilai gizi tinggi. Lantas, bagaimana cara menyimpan kurma agar tidak rusak?

Kondisi penyimpanan bervariasi sesuai dengan jenis buah kurma. Kurma yang disimpan dalam kondisi yang sesuai dapat bertahan selama 6-12 bulan.

Bagaimana Cara Menyimpan Kurma Segar?

Kurma segar segar dapat disimpan di bagian freezer kulkas. Jika dibiarkan di luar, itu harus dikonsumsi dalam waktu singkat, jika tidak maka akan rusak. Tapi bisa disimpan lama di freezer.

Keluarkan sebanyak yang Anda akan makan dari freezer, biarkan selama 20-25 menit. Kemudian Anda bisa menikmatinya.

Bagaimana Cara Menyimpan Kurma Kering?

Ini dapat disimpan di bagian lemari es yang lebih renyah dalam toples yang sesuai atau tas ziplock. Kurma kering bertahan lebih lama dari kurma asin. Karena itu, tidak perlu disimpan di dalam freezer. Keluarkan saja dari kulkas 4-5 menit sebelum dimakan.

Bagaimana Cara Melembutkan Kurma Yang Mengeras?

Pada iklim udara kering, kurma biasanya akan menjadi sangat kering dan mengeras sehingga sulit untuk dimakan. Jika anda memaksakan diri untuk makan kurma kering yang keras ini biasanya anda akan mengalami gangguan gigi.

Oleh karenannya, anda perlu untuk melembutkan kurma tersebut terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Caranya adalah Anda bisa merendam kurma dalam air minum sebentar kemudian mengangkatnya dan membiarkannya sampai sekitar 30 menit.

Bisakah Kurma Dimasukkan ke dalam Freezer?

Kurma kering tidak bagus jika dimasukkan ke dalam freezer. Tetapi kurma segar segar dapat disimpan di dalam freezer. Anda dapat menyimpan kurma segar segar di dalam freezer, yang akan Anda masukkan ke dalam tas freezer.

Itulah informasi tentang Apakah kurma bisa basi? Semoga bisa menjadi referensi dalam hal menyimpan kurma.

Originally posted on February 16, 2022 @ 4:44 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *