Apakah keistimewaan nabi ilyas?

Setiap nabi punya keistimewaan tersendiri, begitu pula dengan Nabi Ilyas. Nabi Ilyas memiliki keistimewaan yang berbeda dengan para nabi dan juga sebagai sarana dakwah kepada kaumnya, yaitu Bani Israil. Siapakah Nabi Ilyas? Apakah keistimewaan nabi ilyas?

Nabi Ilyas

Nabi Ilyas alaihis-salam adalah salah satu dari dua puluh lima nabi yang namanya disebutkan dalam Al-Qur’an. silsilah Nabi Ilyas adalah, Ilyas b. Yasin b. Finhas b. Ayzar b. Harun b. Imran. Nabi Ilyas adalah seorang nabi yang garis keturunannya bersambung pada Harun, saudara laki-laki Nabi Musa, dan beliau adalah nabi yang dikirim kepada Bani Israel.

Ada kisah yang menyatakan bahwa pada saat kelahiran Nabi Ilyas, sebuah cahaya yang menerangi timur dan barat bumi memancar darinya. Nabi Ilyas juga telah menghafal Taurat ketika dia berusia tujuh tahun, dan bahwa Nabi Ilyas juga merupakan seorang yang memiliki beberapa keajaiban sehingga menjadikan dirinya orang penting di masa depan.

Dalam Al-Qur’an, namanya disebutkan di dua tempat sebagai Ilyas dan satu kali sebagai Ilyasin, yaitu dalam surah al-An’am 6/85, surah As-Sâffât 37/123 dan as-Sâffât 37/130.

Dikabarkan bahwa Nabi Ilyas memiliki rambut keriting, kepala besar, tubuh tinggi kurus, perut miring dan lengket, kaki kurus, dan tahi lalat merah di kepalanya. (Hakim, al-Mustadrak, II, 583.)

Kenabian Nabi Ilyas As

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

“Tentu saja, Ilyas juga salah satu dari para nabi” “Dia berkata kepada umatnya, “Apakah kamu tidak takut! Dia berkata, “Apakah kamu menyembah Ba’l daripada Allah, Pencipta yang paling indah, Tuhanmu dan nenek moyangmu di masa lalu?” (as-Saffat 37/123-126)

Nabi Ilyas selalu beribadah dan menyembah Allah di gunung dan gurun. Tugas para nabi yang datang kepada Bani Israil adalah meneruskan dan memperbaharui Syariat Nabi Musa dan membawa Taurat yang terlupakan ke dalam hati serta pikiran mereka.

Bangsa Israel tinggal di negara yang tersebar di Damaskus. Karena saat Yosua b. Nûn ‘alaihis-salâm’ menaklukkan Damaskus, dia membagi tempat-tempat taklukan ini di antara orang Israel. Salah satu dari dua belas suku Bani Israel adalah suku Nabi Ilyas. Mereka juga berdomisili di wilayah Ba’lebek. Allah telah mengutus nabi Ilyas ‘alaihis-salâm’ kepada mereka sebagai seorang nabi. “Ba’l” dalam Al Qur’an adalah nama berhala yang disembah orang.

Sayang; Ini adalah patung seorang wanita yang terbuat dari emas, matanyanya terbuat dari batu delima, dan kepalanya dimahkotai dengan mutiara dan permata lainnya. Menurut kisahnya, karena nama kota tempat tinggal suku ini adalah “Bek”, mereka kemudian membentuk “Ba’lebek” dengan menggabungkan nama kota dengan nama berhala.

Nabi Ilyas, yang menyeru orang untuk beriman dan taat kepada Allah, berjuang keras untuk menyelamatkan umatnya dari menyembah Ba’le dan untuk mengembalikan kepercayaan pada tuhan yang benar, Allah.

Nabi Ilyas mengajak umatnya untuk beriman dan beribadah kepada Allah. Tidak seorang pun kecuali raja Balebek yang percaya dengan apa yang dikatakannya. Dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan situasi umat-Nya sebagai berikut: dikatakan”. Apakah Anda menyembah Ba’l bukan “Allah, Pencipta yang paling indah, Tuhan nenek moyang Anda dan nenek moyang Anda”? (Tabert-Tarih Vol. 1, hal. 239; Sâffat Sra, 124-126)

Hukuman Untuk Umat Nabi Ilyas

Setelah beberapa saat, penduduk Nabi Ilyas kembali ke kehidupan lama mereka dan mulai menyembah berhala. Mereka melanjutkan situasi ini dengan memperburuknya. Ketika Nabi Ilyas melihat kondisi buruk umatnya, ia berdoa kepada Allah untuk mengambil jiwanya dan menyingkirkan mereka.

Allah berfirman kepada Ilyas: “Tunggu hari ini dan itu, tangkaplah binatang yang akan datang kepadamu, dan jangan takut padanya.” Nabi Elia membawa Nabi Elyesa bersamanya dan pergi ke tempat yang diperintahkan. Seekor kuda yang berwarna api datang. Nabi Ilyas segera melompat dan menaikinya. Setelah Ilyas meninggalkan tempat itu, Allah membuat musuh-musuhnya menghantui raja dan ratu Balebek dan anak-anak Israel, dan mereka akhirnya dikalahkan. Mereka tidak tahu ke mana harus pergi atau kepada siapa harus berpaling. Raja dan ratu dibunuh di taman yang mereka tipu, dan mayat mereka dibiarkan di tempat terbuka.

Allah berfirman berikut tentang Ilyas ‘alaihis-salam:

Kami meninggalkan reputasi di antara mereka yang datang setelahnya, dengan mengatakan, “Salam untuk lyas”. Sesungguhnya demikianlah Kami membalas kebaikan. Dia adalah salah satu dari hamba-hamba Kami yang beriman.” (Surat Saffat, 130-132)

Apakah keistimewaan nabi ilyas?

Tentu saja, kisah hidup lyas (alaihis-salâm) yang telah kami riwayatkan tidak terbatas pada ini, tetapi telah dirangkum. Banyak mukjizat dari nabi besar dan terhormat ini terjadi. Beberapa keajaiban sebagai keistimewaan Nabi Ilyas tersebut adalah:

1. Doa Nabi Ilyas selalu terkabul

Salah satu keistimewaan Nabi Ilyas adalah bahwa Allah SWT selalu menerima doa dan keinginannya dan memberikan kemampuan kepadanya agar hujan tunduk kepadanya. Dengan doa dan permohonannya, tidak turun hujan selama tiga tahun. Tepung dan minyak zaitun diberkati dengan doa-doanya. Sedemikian rupa sehingga meskipun mereka makan terus-menerus, mereka tidak pernah kehabisan. Selama tahun-tahun kelaparan dan kekeringan, burung-burung membawa makanan dan minuman untuknya dan orang-orang percaya yang percaya padanya.

Dengan doanya, Ilyesa ‘alaihis-salâm’, yang telah berbaring selama bertahun-tahun, berdiri. Dia mendapatkan kembali kesehatan dan masa mudanya seolah-olah dia belum pernah sakit sebelumnya. Sekali lagi dengan doanya, hujan lebat dan subur turun, dan orang-orang diselamatkan dari kelaparan dan kekeringan. Seekor kuda api atau berwarna api datang dan mengambilnya di punggungnya dan menerbangkannya ke langit.

2. Nabi Ilyas Hafal Kitab Taurat dalam Usia 7 Tahun

Nabi Ilyas telah hafal Kitab Taurat sejak kecil, yaitu usia 7 tahun sehingga hal itu menjadi sebuah keistimewaan dari Nabi Ilyas karena kitab yang besar itu jarang bisa dihafal oleh masyarakat waktu itu, terlebih bagi anak-anak yang usianya 7 tahun.

3. Cahaya Memancar ke barat dan Timur saat Nabi Ilyas lahir.

Originally posted on December 24, 2021 @ 12:39 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.