Apakah jin islam sholat? Apakah Jin Muslim Shalat di Masjid?

Apakah jin islam sholat? Apakah Jin Muslim Shalat di Masjid? Jin adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dan sekarang hidup berdampingan dengan manusia di bumi.

Berdasarkan dalil al-Quran disebutkan bahwa jin sebagaimana manusia itu sama-sama dibebani atau diwajibkan untuk beribadah kepada Allah.

Jin sebagaimana manusia adakalanya ada yang muslim dan ada juga yang kafir. Lalu apabila seorang jin itu muslim apakah mereka juga sholat? Apakah jin islam sholat? Apakah Jin Muslim Shalat di Masjid?

Apakah jin islam sholat?

Menurut beberapa sumber disebutkan bahwa sebagian jin itu ada yang muslim dan termasuk jin yang salih. Jin ada yang tinggal bersama manusia meskipun pada umumnya mereka tinggal di dalam gunung, laut, makam dan tempat-tempat yang jauh dari manusia.

Sebagian dari jin ada yang shalat bersama orang-orang muslim dalam masjid jika jin tersebut termasuk jin yang memegangi agama Islam. Mereka pun bisa mengikuti pengajian dan menjadi hamba yang taat dan bertindak atas kebaikan (sumber).

Apakah Jin Muslim Shalat di Masjid?

Banyak orang bertanya apakah jin yang saleh shalat di masjid. Syekh Muhammad Fathi, ulama wakaf, menjawab dan mengatakan apa yang kita ketahui dari Syariah bahwa mereka ditujukan kepada hukum yang telah ditujukan kepada umat manusia, dan mereka shalat di masjid.

Nabi, saw, bertemu dengan para jin dan memberitahu kepada mereka tentang Islam. Kita tidak tahu apa-apa yang ada pada mereka selain apa yang kita ketahui dari al-Quran dan hadis.

Prinsip dasarnya adalah bahwa jin wajib mengerjakan apa yang diwajibkan atas manusia seperti shalat dan lain-lain, kecuali apa yang dikecualikan oleh Allah bagi mereka berupa kewajiban yang tidak kita ketahui.

Dalam al-Quran terdapat ayat-ayat yang menjelaskan bahwa jin dan manusia sama-sama mendapat beban tanggung jawab untuk beribadah kepada Allah, seperti:

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ [الرحمن:13]

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Ar-Rahman : 13).

Jin diberi beban dan tanggung jawab dan dituntut dan dijanjikan di surga dan neraka, mereka yang patuh akan diberisurga dan yang tidak menaati mereka akan masuk dalam api neraka.

Maka di antara jin ada yang termasuk golongan yang saleh, dan di antara mereka ada yang sesat, dan di antara mereka ada yang kafir, sama seperti manusia (sumber). Wallahua’lam.

Originally posted on February 13, 2022 @ 7:53 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *