Apakah hadits sama dengan sunnah

apakah hadits sama dengan sunnah Apabila kita mempelajari agama Islam terlebih dalam bidang fikih dan ushul fikih maka kita akan sering menemui istilah hadis dengan sunnah. Dalam bidang ilmu lain seperti ilmu hadis pun istilah hadis dan sunnah bisa memiliki maksud dan definisi yang berbeda.

Dari sini pun ada yang bertanya-tanya bahwa apakah hadits sama dengan sunnah? Jika keduanya sama apakah ada perbedaannya? dan jika berbeda apa saja perbedaan antara hadits  dengan sunnah? Pada kesempatan berikut ini dalamislam.info akan menjelaskannya secara lebih rinci

apakah hadits sama dengan sunnah?

Untuk menjawab pertanyaan apakah hadits sama dengan sunnah maka kita harus menjelaskan definisi masing-masing dari sunnah dan hadis ini.

Adapun sunnah itu berarti:

ما أثر عن الرسول صلى الله عليه وآله وسلم قبل البعثة أو بعدها

Napak tilas dari Rasulullah Saw baik sebelum diutus menjadi nabi atau setelah menjadi nabi.

Adapun Hadis definisinya adalah:

ما يروى عنه صلى الله عليه وآله وسلم بعد البعثة ، سواء أكان قولا أو فعلا أو تقريرا

Segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw setelah menjadi Nabi, baik riwayat ini adalah ucapan nabi, perbuatan maupun ketetapan nabi.

Dari dua definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa hadis dan sunah ini memiliki persamaan dan perbedaan. Sehingga jika ditanyakan apakah hadis itu sama dengan sunnah? maka jawabannya adalah iya, hadis sama dengan sunnah. Namun kesamaan ini bukan sama persis atau keduanya bukan kata sinonim.

Bisa dibilang bahwa Sunnah itu lebih umum daripada Hadis, dikarenakan Sunnah ini adalah jejak nabi baik kisah, ucapan atau apapun tentang Nabi, baik sebelum Nabi Muhammad diangkat menjadi nabi atau setelah diangkat menjadi nabi.

Persamaan dan Perbedaan Antara Hadis dan Sunnah

Pada bagian ini kita akan mengulas lebih lanjut tentang persamaan dan perbedaan antara hadis dan sunah.

Persamaan Hadis dan Sunah:

1. Hadis dan Sunnah sama-sama dari nabi

2. Hadis dan sunnah sama-sama riwayat tentang nabi.

Perbedaan antara Hadis dan Sunnah:

1. Hadis adalah riwayat dari nabi pada saat nabi telah diangkat menjadi Nabi

2. Sunnah lebih umum daripada hadis karena sunah mencakup riwayat tentang nabi, baik setelah menjadi nabi atau sebelum menjadi nabi.

Para ulama ushul fikih menjelaskan bahwa Hadis itu berbeda dengan sunah. Menurut mereka, sunah itu berarti segala napak tilas atau jejak Nabi Saw baik ucapan, perbuatan atau ketetapan yang tidak mengandung dalil hukum syariat.

Sedangkan hadis berarti segala ucapan, perbuatan atau ketetapan Nabi Muhammad Saw yang mengandung hukum atau menunjukkan hukum syariat.

Kesimpulan apakah hadits sama dengan sunnah

Dari uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pada dasarnya hadis itu sama dengan sunah yaitu segala hal yang berasal dari Rasulullah Saw. Kita bisa menyebut ucapan Nabi sebagai hadis maupun sunnah.

Namun pada sisi yang lebih spesifik ada perbedaan antara keduanya, yaitu sunnah lebih umum daripada hadis. Hadis adalah riwayat dari Nabi setelah beliau menjadi Nabi. Sedangkan sunnah adalah riwayat umum tentang nabi, baik sebelum menjadi nabi maupun sudah.

Originally posted on December 29, 2021 @ 3:54 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *