Apakah Di Masjid Ada Setan? Ketahui 2 Jenis Setan

Apakah di masjid ada setan? Masjid merupakan tempat yang digunakan oleh umat Islam untuk beribadah kepada Allah Swt terkhusus ibadah shalat lima waktu dengan berjamaah.

Meskipun masjid itu merupakan tempat untuk shalat berjamaah lima waktu, masjid juga punya banyak fungsi lainnya seperti untuk membaca al-Quran, pendidikan seperti pengajaran al-Quran dan Islam serta beragam fungsi lainnya.

Masjid disebut sebagai rumah Allah karena di dalamnya orang-orang beribadah kepada Allah. Masjid disebut sebagai tempat yang suci karena di dalamnya hanya diperbolehkan kegiatan beribadah dan hal-hal yang telah diperbolehkan sebagai bagian dari fungsi masjid lainnya.

Ketika masjid disebut sebagai rumah Allah atau Baitullah dan juga termasuk tempat ibadah, tempat suci yang tak boleh sembarangan digunakan untuk hal lain selain bagian dari fungsi masjid, apakah di masjid ada syetan? Apakah syetan bisa masuk masjid?

Pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan menjelaskannya secara lebih rinci.

Apakah di masjid ada setan?

Sebelum kita membahas tentang pertanyaan apakah ada syetan di masjid atau apakah syetan bisa masuk masjid, maka kita perlu untuk mengetahui definisi dari syetan itu sendiri.

Secara bahasa, syetan berasal dari kata شطن yang berarti jauh. Adapun secara istilah, para ulama mendefinisikan syetan dengan pengertian yang berbeda namun maknanya sama.

Ibnu Qutaibah menyebutkan:

الشاطن البعيد عن الحق

Syatin adalah yang jauh dari kebenaran.

Muhammad bin Ishak mengatakan bahwa:

إنما سمي شيطاناً لأنه شطن عن أمر ربه، والشطون البعيد النازح

Syetan itu disebut syaitan karena ia jauh dari perintah Tuhannya, kata syutun itu berarti yang jauh dan yang berpindah.

Abu Ubaidah mengatakan:

الشيطان كل عات متمرد من إنس, أو جن

Syetan adalah siapapun yang sombong/angkuh yang suka memberontak atau menentang, baik dari golongan manusia maupun jin.

Dari pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa syetan adalah siapapun yang angkuh, sombong dan menentang perintah Allah sehingga membuatnya jauh dari Allah. Syetan ini bisa berbentuk jin maupun manusia.

Lalu apakah di masjid ada setan? apakah syetan bisa masuk masjid? Berdasarkan uraian di atas kita bisa mengetahui bahwa syetan bisa saja masuk masjid dan mengganggu orang-orang yang hendak beribadah kepada Allah supaya tidak bisa beribada secara khusyuk.

Syetan ini bisa saja berbentuk jin maupun manusia yang mengganggu ibadah dan mengajak kepada kemaksiatan atau hal-hal yang dilarang Allah supaya seorang mukmin jauh dari Allah.

apakah di masjid ada setan?

Adapun bukti atau dalil bahwa syetan bisa masuk masjid atau bisa saja ada di masjid adalah sebagaimana hadis Nabi Saw berikut:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَوُّوا صُفُوفَكُمْ وَحَاذُوا بَيْنَ مَنَاكِبِكُمْ وَلِينُوا فِي أَيْدِي إِخْوَانِكُمْ وَسُدُّوا الْخَلَلَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ بَيْنَكُمْ بِمَنْزِلَةِ الْحَذَفِ يَعْنِي أَوْلاَدَ الضَّأْنِ الصِّغَارَ =رواه احمد=

Dari Abu Umamah ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda: Ratakanlah barisan kalian, rapatkanlah bahu-bahu kalian, lunakkan tangan berdampingan dengan saudaramu, tutuplah sela-sela dari shaf itu, karena sesungguhnya setan itu memasuki sela-sela yang kosong itu tak ubahnya bagai anak kambing kecil. (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis di atas kita bisa mengetahui bahwa syetan bisa saja masuk dalam masjid mengganggu orang-orang yang shalat, memasuki sela-sela shaf yang tak tertutup bagaikan anak kambing kecil. Lihat referensi.

Syetan bisa Berbentuk jin dan Manusia

Apakah di masjid ada setan? Ketahui 2 Jenis Setan, Sebagaimana telah kita bahas di atas bahwa syetan itu adalah siapapun yang sombong dan jauh dari perintah Allah, dan syetan ini bisa berbentuk jin maupun manusia.

Ada banyak dalil yang menjelaskan bahwa syetan itu bisa berbentuk jin maupun manusia. Di antaranya adalah ayat QS. Al-An’am: 112 berikut:

وَكَذٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيٰطِيْنَ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ يُوْحِيْ بَعْضُهُمْ اِلٰى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُوْرًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوْهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُوْنَ

Dan demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan-setan manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya, maka biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka ada-adakan.

Syetan bertugas untuk membisiki manusia agar mereka jauh dari perintah Allah. Syetan memang bertugas untuk mempengaruhi manusia agar mereka melakukan keburukan dan menentang atau bermaksiat kepada Allah. Dengan demikian pun kita bisa menyimpulkan bahwa manusia yang mengajak kepada keburukan itu termasuk syetan yang terlihat dalam bentuk manusia. Wallhua’lam.

Kesimpulan Tentang Apakah di masjid ada setan?

Adapun kesimpulan tentang pertanyaan apakah di masji ada syetan atau apakah syetan bisa masuk masjid? Maka jawabannya adalah syetan bisa masuk masjid dan masjid bisa ada syetannya, baik berbentuk manusia maupun berbentuk jin.

Syetan ini akan mempengaruhi orang-orang untuk tidak beribadah kepada Allah atau mengganggu orang-orang yang beribadah kepada Allah swt. Wallahua’lam.

Daftar Bacaan

Berikut ini dalah daftar Bacaan dari artikel Apakah di masjid ada setan? Ketahui 2 Jenis Setan ini:

Originally posted on January 13, 2022 @ 11:13 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *