Apakah ciuman bibir harus mandi wajib?

Apakah ciuman bibir harus mandi wajib? Dalam agama Islam ada beberapa hal yang jika dilakukan atau terjadi pada seseorang maka ia harus mandi wajib.

Mandi wajib disini salah satunya juga bertujuan untuk menghilangkan hadas besar yang ada pada diri seseorang.

Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pembaca terkait dengan mandi wajib ini adalah tentang ciuman bibir. Apakah ciuman bibir harus mandi wajib?

Apakah ciuman bibir harus mandi wajib?

Image: Pixabay

Apakah ciuman bibir harus mandi wajib? Jawabannya adalah ciuman bibir tidak mengharuskan mandi wajib karena ciuman bibir bukanlah hal yang mewajibkan seseorang mandi wajib dalam Islam.

Beberapa hal yang mewajibkan sesorang untuk mandi wajib adalah seperti berhubungan suami istri dengan bertemunya kedua alat kelamin, serta keluar mani karena mimpi atau hal yang lain.

Jadi jika seseorang ciuman bibir, maka tidaklah wajib mandi. Namun apabila pada kasus tertentu seeorang berciuman lalu keluar air mani, maka ia wajib mandi dikarenakan hadas besar sebab keluar mani itu.

Hal-hal yang mewajibkan Mandi Besar

Al-Qadhi Abu Syuja’ rahimahullah dalam kitab Matan Taqrib menyebutkan bahwa Perkara yang mewajibkan mandi ada enam, tiga di antaranya berlaku pada laki-laki dan perempuan, tiga lainnya khusus untuk perempuan.

Untuk laki-laki dan perempuan:

1. Bertemunya dua khitan.
2. Keluarnya mani.
3. Kematian.

Khusus untuk perempuan:

1. Haidh.
2. Nifas.
3. Melahirkan.

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca disini: Hal-hal yang mewajibkan Mandi Besar

Dari keterangan tersebut kita bisa melihat bahwa ciuman bibir bukanlah salah satu hal yang menjadikan seseorang harus mandi wajib atau mandi besar. Wallahua’lam.

Itulah informasi seputar Apakah ciuman bibir harus mandi wajib? Semoga bermanfaat.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *