Apakah Boleh Membaca Alquran Di HP?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 9, 2021)

Hukum Membaca Alquran di HP

Jika anda bertanya tentang apakah boleh membaca alquran di hp? maka kita bisa menemukan sebuah pertanyaan yang ditanyakan kepada lembaga Otoritas Umum Urusan dan Wakaf Islam (Awqaf) Abu Dhabi.

Ada sebuah pertanyaan yang disampaikan kepada mereka tentang apakah diizinkan untuk membaca ayat-ayat Alquran di perangkat seluler seperti iPhone?

Maka dari fatwa itu disebutkan bahwa membaca Alquran melalui HP itu diperbolehkan.

“Anda harus membaca [Alquran] dengan menggunakan cara apa pun yang memungkinkan, karena itu lebih baik daripada tidak membaca sama sekali, dan Anda akan mendapatkan pahala yang besar karena melaksanakannya,” kutipan dalam fatwa tersebut.

Selain itu, gadget atau teknologi yang ada itu memang harus digunakan untuk kepentingan Islam, seperti menemukan dan membaca ayat-ayat Alquran dan Hadis serta beragam informasi tentang Islam yang dapat diandalkan sebagai rujukan.

Sebagaimana membaca al-Quran melalui HP itu diperbolehkan, maka membaca Alquran di PC, laptop dan internet juga diperbolehkan.

Lebih Baik Mana Membaca al-Quran Melalui HP dan Mushaf?

Meskipun diperbolehkan membaca al-Quran melalui HP, namun membaca al-Quran dari Mushaf atau kitab suci yang sebenarnya dan adalah cara yang paling disukai.

Di sisi lain, sebuah fatwa yang juga pernah dirilis menyebutkan bahwa ketika seseorang melakukan sholat harian, dilarang memegang ponsel dan membacakan doa dan ayat Alquran karena itu adalah sebuah gangguan.

Artinya jika seseorang shalat dan butuh untuk membaca surah-surah panjang yang belum dihafal, maka ia hendaknya tidak membacanya melalui HP.

Lebih baik membaca al-Quran melalui mushaf daripada melalui hp saat shalat. Wallahua’lam.

 



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *