Image: pixaba

Apakah Benar Orang Islam Akan Masuk Surga Semua?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 17, 2021)

Apakah Semua Orang Islam Akan Masuk Surga?

Ada ungkapan populer yang mungkin sering kita dengar bahwa “Pada akhirnya pun semua umat Islam akan masuk surga”.

Jika kita melihat pada beberapa hadits nabi yang shahih, maka memang kita akan menemukan landasan atas hal itu.

Misalnya adalah beberapa hadis berikut:

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah orang yang bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Aku adalah utusan Allah, dengan tanpa perasaan ragu, kecuali dia masuk surga.”

Dalam riwayat hadis lain disebutkan bahwa:

Dari Abi Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang menemuiku di balik dinding ini dengan bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dengan keyakinan di dalam hati, maka berilah padanya kabar gembira dengan surga.”

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang meninggal dunia dan dia mengetahui bahwa tiada Tuhan selain Allah maka ia akan masuk surga.”

Dari beberapa hadis di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa memang seorang muslim yang benar-benar memiliki iman maka ia akan masuk ke dalam surga.

Semua Orang Islam Akan Masuk Surga, Bagaimana Ketentuannya?

Meskipun semua orang yang memiliki iman pada akhirnya akan masuk surga, namun jika seseorang melakukan dosa maka ia tetap akan menanggung dosanya tersebut.

Orang yang berdosa itu akan masuk ke dalam neraka untuk mendapatkan siksa atas dosa yang ia lakukan saat di dunia.

Dalam hadis lain pun juga ada informasi bahwa ada umat Nabi yang tidak masuk surga, sebagaimana hadis Nabi SAW berikut:

BACA JUGA:  Apakah Hadis Hasan Dapat Naik Derajatnya Menjadi Hadits Shahih?

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ

“Semua umat masuk surga”.

Meskipun dalam hadis disebutkan seperti itu, tapi ternyata tidak semua umat Nabi, mau masuk ke dalam surga. Nabi menyebut siapa yang tidak mau itu, yaitu إِلَّا مَنْ أَبَى “Kecuali orang yang menolak”.

Mendengar ucapan Nabi Muhammad Saw itu, para sahabat pun terheran begitu diberi tahu bahwa ada yang menolak masuk ke dalam surga.

Para sahabat pun kemudian bertanya tentang siapa yang tidak mau itu. Nabi menjawab:

مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

“Orang yang taat kepadaku, pastilah dia masuk surga. Dan orang yang menentangku, sungguh dia telah menolak (masuk surga)”.

Al-Ma’aali Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullaah menuturkan perihal hadis di atas bahwasa hadits tersebut berisi anjuran untuk masuk ke dalam agama Islam.

Seseorang yang ingin masuk surga, maka ia masuk agama Islam. Siapa yang tidak menginginkan surga, maka tidak masuk agama Islam.

Seseorang yang tidak menginginkan surga itu akan lebih mengikuti golongan atau agama lain dan akhir kesudahannya (kehidupannya) ialah neraka. Maka tidak ada jalan untuk masuk ke surga kecuali dengan beragama Islam (mengikuti sebagaimana) yang datang dengannya Rasulullah shallallaahu ‘alaiyhi wa sallam.

Jadi semua umat nabi Muhammad Saw. yang ingin masuk surga maka dirinya harus mengikuti dan taat terhadap perintah Nabi Muhammad Saw.

Jika dirinya menolak maka berarti orang itu menolak untuk masuk ke dalam surga. Wallahu a’lam.

Itulah informasi tentang apa benar semua orang islam akan masuk surga. Semoga informasi dalam web Info Dalam Islam ini bisa bermanfaat.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *