apakah batal wudhu jika merokok?

Apakah batal wudhu jika merokok? Tidak, merokok tidak membatalkan wudhu karena merokok bukanlah termasuk perkara yang bisa membatalkan wudhu.

Adapun yang membatalkan wudlu ada 6 perkara, yaitu:

1. Ada sesutu yang keluar dari salah satu lubang (lubang depan atau belakang, kecuali keluar mani).

2.Ttidur yang tidak tetap pantatnya pada tempat duduknya .

3. hilang akal karena mabuk atau sakit.

4. bersentuhan kulit laki –laki dengan perempuan yang bukan muhrimnya , serta tidak ada penghalang antara keduanya (baju atau selainnya) .

5. menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan (Tanpa penghalang)

6. menyentuh Lekukan pada lubang pantat (dubur) menurut pendapat baru/jadid .

Dalam Islam, para ulama berbeda pendapat tentang hukum merokok.

1. Sekelompok ulama yang tidak mengetahui atau peduli tentang bahaya merokok , mengemukakan pandangan bahwa merokok diperbolehkan, mengklaim bahwa tidak ada ketentuan yang jelas dalam agama tentang merokok (termasuk pipa, hookah, dll.)

2. Sekelompok ulama Islam lainnya, di sisi lain, tidak menganggap merokok itu benar, tetapi menggambarkannya sebagai “makruh” karena mereka juga tidak bisa mengatakan “haram”.

3. Kelompok ketiga menganggap merokok, terutama pada tingkat kecanduan, sebagai “haram” dengan alasan menyebabkan kerugian dari segi kesehatan dan pemborosan ekonomi, dan melanggar kewajiban tunjangan.

Untuk membuat penilaian yang mencerminkan kecenderungan umum ulama Islam saat ini, dapat dikatakan sebagai berikut: Pertama-tama, tidak benar untuk mengatakan bahwa tidak ada syariat agama atau larangan penyair untuk merokok. Hukum syariah didasarkan pada prinsip-prinsip tertentu dan untuk tujuan tertentu.

Alih-alih memberikan penilaian rinci dan individu tentang setiap masalah, nass telah menetapkan aturan dan kriteria umum, dan umat Islam harus memahami dan mengevaluasi masalah yang datang sebelum mereka sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah yang ditetapkan oleh nass dan tujuan yang mereka kejar. Dalam hal ini, kemungkinan ketentuan hukum tentang rokok,

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *