Apa saja gelar yang diberikan untuk malaikat jibril?

Apa saja gelar yang diberikan untuk malaikat jibril? Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad Saw.

Malaikat Jibril memiliki beberapa gelar sebagai bentuk kemuliaan terhadapnya. Lalu apa saja gelar yang diberikan untuk malaikat jibril?

Apa saja gelar yang diberikan untuk malaikat jibril?

Dalam permasalahan agama kita harus merujuk kepada dalil al-Quran dan hadis beserta penjelasan para ulama mengenainya.

Berdasarkan informasi al-Quran dan hadis, setidaknya ada tiga julukan atau gelar yang dimiliki oleh malaikat Jibril. Di antara gelar atau julukan malaikat jibril ini adalah: 1) Ruhul Amin, 2) Ruhul Qudus dan 3) Namus.

Tentang gelar dan julukan yang diberikan kepada malaikat jibril ini kita bisa melihatnya dalam 2 ayat Al-Qur’an yang menyebutkan julukan atau gelar malaikat Jibril ini, di antaranya adalah surat asy-Syu’ara ayat 193 dan surat an-Nahl ayat 102.

Dalam surat asy-Syu’ara ayat 193, jibril memiliki julukan atau disebut dengan nama ar-Ruh al-Amin dan dalam surat an-Nahl ayat 102 Jibril disebut sebagai Ruhul Qudus. Dalam hadis Jibril juga disebut dengan gelar Namus yang akan kita bahas satu persatu pada bagian ini.

1. Ruhul Amin

Ruh berarti makhluk mulia yang diciptakan dengan tanpa sebab biasa atas izin Allah Swt. Sedangkan amin berarti yang dipercaya. Berdasarkan informasi ini, gelar ar-Ruh al-Amin yang dimiliki oleh malaikat Jibril berarti malaikat Jibril adalah mahkhluk mulia yang memiliki sifat dapat dipercaya.

Nama atau gelar Ruhul Amin dari Malaikat Jibril disebutkan dalam Surat Asy-Syua’ara’ ayat ke 193 yang berbunyi:

نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ

yang artinya “dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril)”.

2. Ruhul Qudus

Julukan lain Malaikat Jibril adalah ruhul Qudus yang artinya adalah Ruh yang Suci. Hal ini menandakan bahwa malaikat Jibril merupakan makhluk yang mulia lagi suci.

Gelar Ruhul Qudus yang dimiliki oleh Malaikat Jibril ini sebagaimana dalam Surat An-Nahl ayat ke 102 yang berbunyi:

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Katakanlah: “Ruhul Qudus (Malaikat Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.

3. Namus al-Akbar

Julukan atau gelar lain bagi malaikat jibril adalah Namus al-Akbar. Julukan ini diucapkan oleh Waraqah bin Naufal ketika mengabarkan kepada Nabi Muhammad saw bahwa apa yang ia diterima sama dengan apa yang diterima oleh Musa as.

Dalam hadis disebutkan bahwa Waraqah mengatakan kepada Nabi saw:

والذي نفسي بيده إنك لنبي هذه الأمة. ولقدجاءك الناموس الأكبرالذي جاءموسى. ولتكذبن ولتؤذين ولتخرجن ولتقاتلن، ولئن أناأدركت ذلك اليوم لأنصرن الله نصرايعلمه.

“Demi Dia yang memegang hidupku. Engkau (Muhammad) adalah Nabi atas umat ini. Engkau telah menerima Namus al-Akbar seperti yang pernah disampaikan kepada Musa. Pastilah kau akan didustakan orang, akan disiksa, akan diusir, dan akan diperangi. Kalau sampai pada waktu itu aku masih hidup, pasti aku akan membela yang di pihak Allah dengan pembelaan yang sudah diketahui-Nya pula.”

Ada yang menyebutkan bahwa Namus ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti hukum, ruh dan kesucian. Ada juga yang menyebutkan bahwa Namus ini sepadan dengan arti Ruhul Qudus.

Kesimpulan Tentang Gelar dan Julukan Malaikat Jibril

Jadi, berdasarkan dalil yang terdapat di dalam Al-Qur’an bahwa Malaikat Jibril itu memiliki julukan yaitu Rul Al Amin (Ar-Ruh Al-Amin), Ruh al Qudus (Ruhul Qudus) dan Namus al-Akbar.

Julukan dan gelar malaikat Jibril ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan sosok malaikat penyampai wahyu kepada para nabi termasuk kepada nabi Muhammad Saw.

Originally posted on February 8, 2022 @ 2:16 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *