Apa manfaat minyak lavender? Image: Pxhere

Apa Manfaat Minyak Lavender?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 5, 2021)

Minyak Lavender

Manfaat kesehatan minyak lavender antara lain kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan, meredakan ketegangan saraf, menghilangkan rasa sakit, mendisinfeksi kulit kepala dan kulit, mencegah jerawat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengobati masalah pernapasan.

Nama Latin untuk lavender adalah Lavare, yang berarti “mencuci” karena aromanya yang sangat menyenangkan. Minyak lavender sebagian besar diekstraksi dari bunga tanaman lavender, terutama melalui distilasi uap.

Tumbuh di daerah pedesaan dan tinggi, lavender sekitar 40-50 cm, tanaman berbunga ungu dengan daun hijau dan abu-abu.

Saat ini minyak lavender sering digunakan dalam berbagai bentuk, termasuk minyak aromaterapi, gel, infus, losion, sabun, produk bayi, dan lilin.

Manfaat Minyak Lavender

Berbagai manfaat kesehatan dari minyak lavender meliputi:

1. Meredakan stres dan kecemasan

Minyak lavender memiliki wewangian menenangkan yang sangat cocok untuk mengatasi masalah saraf dan rasa cemas.

Oleh karena itu, minyak lavender juga dapat membantu mengobati migrain, sakit kepala, depresi, ketegangan saraf dan stres emosional.

Aromanya yang menyegarkan meningkatkan aktivitas mental sekaligus menghilangkan kelelahan saraf dan kegelisahan.

2. Minyak Lavender Mampu Meredakan nyeri

Olesan minyak lavender dapat meredakan otot, nyeri sendi, keseleo dan sakit punggung. Pijatlah menggunakan minyak lavender di area yang terkena.

Minyak lavender juga dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah digigit serangga. Pijat lembut di area yang terkena dan lihat efeknya.

3. Pengobatan berbagai kelainan kulit

Ini efektif dalam mengobati masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan kerutan. Ini juga membantu dalam penyembuhan luka, luka dan luka bakar.

4. Itu membuat rambut Anda sehat

Minyak Lavender yang dikenal mampu membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala, juga bisa membantu kulit kepala sebagai desinfektan alami yang bisa mengusir kutu rambut.

BACA JUGA:  Hakikat Cinta Dalam Islam

Lavender juga efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa minyak lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 44 persen hanya setelah tujuh bulan perawatan.

5. Membantu meningkatkan pencernaan

Minyak lavender merangsang produksi empedu dan cairan lambung, yang dapat membantu mengobati sakit perut, gangguan pencernaan, kolik, muntah, dan diare dengan meningkatkan motilitas usus.

6. Minyak Lavender meredakan gangguan pernapasan

Minyak lavender dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti pilek dan flu, infeksi tenggorokan, batuk, asma, batuk rejan, hidung tersumbat, bronkitis, tonsilitis, dan radang tenggorokan.

Minyak lavender bisa dioleskan ke leher, dada atau punggung Anda. Minyak lavende juga dapat dihirup dengan menghirup uap atau melalui alat penguap.

7. Memperlancan sirkulasi darah

Minyak lavende dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi dan dapat digunakan untuk mengurangi hipertensi.

8. Meningkatkan mood

Aroma lavender sangat menyegarkan. Ini menenangkan saraf dan meminimalkan efek stres.

9. Lavender Ampuh mengatasi masalah tidur dan insomnia

Karena khasiatnya yang menenangkan, minyak lavender meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan hingga 60% dengan mengurangi waktu tidur, tertidur dan insomnia.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *