Apa Keutamaan Shalat Ashar?

Ada lima shalat fardhu yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim dalam sehari yang kemudian disebut dengan shalat fardhu lima waktu. Shalat ini mencakup shalat subuh, dhuhur ashar, maghrib dan isya.

Semua shalat fardhu di atas memiliki keutamaan tersendiri, lalu apa keutamaan shalat ashar? Apa saja yang akan didapatkan oleh seorang muslim apa bila dirinya rutin mengerjakan shalat ashar?

Tentang Shalat Ashar

Shalat ashar adalah shalat yang dikerjakan setelah waktu shalat dhuhur selesai, yaitu apabila bayangan benda karena sinar matahari melebihi dari panjang benda tersebut. Shalat ini dilaksanakan dengan 4 rakaat dan duduk tahiyat di setiap dua rakaatnya.

Apa keutamaan shalat ashar

Ada banyak sekali keutamaan shalat ashar dan berikut ini adalah dalil al-Quran dan hadis tentang keutamaan shalat ashar:

1. Shalat Ashar adalah Shalat Wustha Yang Utama

Shalat ashar adalah shalat yang disebut oleh Allah Swt sebagai shalat wustha (shalat tengah). Penyebutan itu adalah untuk memuliakan dan mengingatkan betapa penting serta utamanya shalat tersebut dibandingkan dengan shalat selainnya. Hal itu juga sebagai isyarat tentang keharusan seorang muslim untuk menjaganya. Hal ini sebagaimana firman Allah swt:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّـهِ قَانِتِينَ

Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.

2. Orang yang Mengganggu orang lain untuk melaksanakan Shalat Ashar Kuburnya akan dipenuhi dengan Api

Hal ini sebagaimana ucapan nabi ketika perang Khandak di mana orang Musyrik memerangi kaum muslimin hingga orang muslim tidak bisa melaksanakan shalat ashar.

Adapun hadis tersebut adalah sebagaimana  berikut: مَلَأَ اللَّهُ قُبُورَهُمْ وبُيُوتَهُمْ نَارًا، كما شَغَلُونَا عن صَلَاةِ الوُسْطَى حتَّى غَابَتِ الشَّمْسُ وهي صَلَاةُ العَصْرِ Allah memenuhi kuburan dan rumah mereka dengan cahaya, sebagaimana mereka menyibukkan kita (sehingga kita meninggalkan) shalat ashar sampai tenggelamnya matahari.

3. Menjaga Shalat Ashar dan Subuh adalah sarana untuk Mencapai Bisa Melihat Allah di Akhirat Kelak

Hal ini sebagaimana hadis riwayat dari Ismail bin Qais, dari Jarir bin Abdullah, katanya:

كُنَّا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَظَرَ إِلَى الْقَمَرِ لَيْلَةً يَعْنِي الْبَدْرَ فَقَالَ إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا الْقَمَرَ لَا تُضَامُّونَ فِي رُؤْيَتِهِ فَإِنْ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لَا تُغْلَبُوا عَلَى صَلَاةٍ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا فَافْعَلُوا ثُمَّ قَرَأَ
{ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ }

“Saat itu kami bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat bulan di malam hari yakni bulan purnama. Beliau bersabda: “Kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana melihat bulan ini, tanpa ada kesamaran ketika melihat-Nya. Jika kalian mampu, maka janganlah sampai luput shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, lakukanlah! Lalu beliau membaca: “ .. dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).”

Sholat Subuh danshalat Asar adalah shalat yang dilaksanakna pada waktu yang membutuhkan pengorbanan. Yang pertama membutuhkan pengorbanan bangun dari tidur, dan shalat Ashar membutuhkan pengorbanan meninggalkan pekerjaan dan penghasilan. Dalam pengertian ini, orang-orang yang melaksanakan shalat subuh dan ashar layak mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

Bahaya Meninggalkan Shalat Ashar

Selain keutamaan shalat ashar, ada juga hadis-hadis yang menyebutkan ancaman bagi orang yang meninggalkan shalat ashar. Hal ini perlu kita ketahui agar kita bisa mengetahui antara keutamaan mengerjakan shalat ashar dan ancaman dari meninggalkannya.

1. Orang Yang Meninggalkan shalat Ashar seperti kehilangan harta dan keluarganya

Dari Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الَّذِي تَفُوتُهُ صَلَاةُ الْعَصْرِ كَأَنَّمَا وُتِرَ أَهْلَهُ وَمَالَهُ

“Orang yang telah luput shalat ashar seakan dia ditinggalkan oleh keluarga dan hartanya.”

2. Orang Yang Meninggalkan shalat Ashar akan terhapus amalnya

Hal ini sebagaimana hadis dari Buraidah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: من ترك صلاة العصر فقد حبط عمله “Barangsiapa yang meninggalkan shalat ashar maka telah terhapus amalnya.”

Itulah informasi tentang apa keutamaan shalat ashar, semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi dalamislam.info. Semoga bisa memberi manfaat dan amal saleh untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Originally posted on December 24, 2021 @ 5:36 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.