apa kelebihan surah al waqiah? Keutamaan Surah al Waqiah Lengkap

apa kelebihan surah al waqiah? Apa Keutamaan (Manfaat) dan kelebihan Membaca Surat al-Waqia? Surah al Waqiah merupakan salah satu surah al Quran yang cukup populer di kalangan umat Islam. Banyak umat Islam yang sering membaca surah ini karena manfaat, kelebihan dan keutamaan yang dikandungnya.

Tentang Surah al Waqiah

Surah al-Waqiah merupakan surah yang turun di Makkah dan terdiri dari 96 ayat. Nama surah ini diambil dari kata yang terdapat dalam dua ayat pertama surah tersebut yang menyatakan bahwa hari kiamat akan pecah dan tidak ada yang dapat menyangkalnya.

Waqiah sendiri secara bahasa berarti suatu peristiwa yang terjadi. Sedangkan arti Waqiah dalam surah itu adalah Hari Kiamat. Pada keempatan kali ini kita akan membahas tentang Apa saja keutamaan (manfaat) dan rahasia membaca Surah Waqiah.

apakah kelebihan surah al waqiah itu?

Apa saja Keutamaan (Manfaat) dan Rahasia Membaca Surat al-Waqiah? apa kelebihan surah al waqiah? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan manfaat surah al waqiah.

1. Bertambah Imannya Terutama Pada Akhirat

Orang-orang beriman yang membaca Surat al-Waqiah dengan maknanya akan sering mengingat Hari Pembalasan dan bahwa mereka akan dimintai pertanggungjawaban atas semua yang mereka lakukan di dunia. Ini memastikan bahwa orang percaya menjauhi segala dosa, besar atau kecil.

2. Surah al Waqiah Pembuka Rezeki

Telah banyak dibahas bahwa surah al Waqiah adalah salah satu surat yang membawa kelimpahan dan rezeki yang luas sebagaimana Surat Al-Baqarah dan Surat Rahman. Jika ada orang yang sulit dalam mencari pekerjaan yang rutin membaca rumah ini maka ia akan mudah dalam mencari pekerjaan, dan jika seseorang itu lajang maka akan dimudahkan untuk menikah.

Surah al Waqiah memang banyak dijadikan sebagai amalan agar seseroang Dijauhkan dari Kemiskinan. Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al Waqiah akan menjadikan seseorang mendapat pahala dan rezeki berlimpah.

3. Terhindarnya Masalah dan Bahaya

apa kelebihan surah al waqiah? Membaca Surat al-Waqia 40 kali sehari setelah sholat subuh dan petang melindungi orang-orang beriman dari segala macam kecelakaan dan masalah.

4. Membaca Surah al Waqiah Rutin Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Karena fadhilah al Waqiah adalah untuk melapangkan rezeki, maka al Waqiah pun bermanfaat untuk menghindarkan seseorang dari kefakiran. Abdullah bin Mas’ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

” Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

5. Manfaat al Waqiah Dikabulkannya Seluruh Hajat

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

6. Al Waqiah Mampu Melindungi dari Bahaya di Dunia

Manfaat surat Al Waqiah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia. Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

7. Al Waqiah Bermanfaat Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

8. Al Waqiah Bermanfaat Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat

Membaca al-Quran bisa menjadi wasilah untuk mendapatkan syafaat, termasuk juga berarti membaca surah al-Waqiah. Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: ” Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Membaca al Waqiah Bermanfaat untuk Mendapatkan Ketenangan

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: ” Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Memperkuat Tauhid Bagi Umat Muslim

apa kelebihan surah al waqiah? Manfaat surat Al Waqiah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

11. Membaca al Waqiah bisa mendatangkan pahala Membaca al-Quran

Membaca al Waqiah memiliki fadhilah bisa mendapatkan pahala membaca al-Quran. Al-Quran adalah kitab yang jika dibaca maka akan ada pahala khusus bagi pembacanya. Al-Quran tidak seperti hadis yang mana hadis mengandung pahala umum. Namun al-Quran tiap hurufnya bisa mendatangkan pahala, terutama jika dibaca pada bulan ramadhan.

Adab Membaca al-Quran Jangan Dilupakan

Setelah kita membahas tentang apa kelebihan surah al waqiah, maka pada kesepatan kali ini kita perlu mengetahui tentang adab-adab membaca al-Quran. Dalam membaca surah al Waqiah dan surah apapun dalam al Quran jangan lupa kita pun perlu untuk menjaga adab-adab membaca adab-adab al-Quran. Di antaranya adalah:

1. Sebelum kita mulai memegang Al-Qur’an, kita harus dalam keadaan suci. Jika tidak kita perlu untuk berwudhu dari hadas kecil. Kita pun juga harus bebas dari hadas besar.

2. Jika memungkinkan, kita harus membaca Al-Qur’an menghadap kiblat.

3. Pakaian kita harus bersih saat membaca Al Quran. Al-Qur’an tidak dapat dibaca dengan pakaian yang terkontaminasi air seni, darah, dan kotoran.

4. Tempat kita membaca harus bersih. Al-Qur’an tidak boleh dibaca di kamar mandi atau tempat-tempat di mana haram dilakukan.

5. Kita harus memulai Al-Qur’an dengan taawudz, Audzubillah

6. Jika kita harus menguap saat membaca Al Qur’an, kita harus berhenti dan menunggu.

7. Kita bisa membaca Al-Qur’an kapan saja sepanjang hari. Namun, lebih bagus bila kita membacanya pada waktu subuh dan malam hari.

8. Jika ada kebisingan dan aktivitas yang berbeda di tempat kita berada, sebaiknya kita menunda membaca atau membaca dalam hati.

9. Kita harus memikirkan makna al-Quran agar bisa mendapatkan manfaat petunuk al Quran. Jika kita tidak tahu bahasa Arab, kita bisa melihat terjemahan dan tafsir.

Originally posted on December 29, 2021 @ 9:23 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *