Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? 7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Saffron

Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? Saffron adalah salah satu rempah termahal di dunia yang berasal dari sekitar daerah Asia Barat Daya. Saffron, yang juga tumbuh di Iran, Italia, Prancis dan Spanyol selain digunakan sebagai bumbu juga banyak digunakan dalam pengobatan terutama dalam industri kimia dan farmasi.

Karena warna safron yang khas dan bau yang menyengat, saffron juga digunakan dalam produksi pewarna kain dan parfum. Tanaman, yang memiliki aroma yang tidak biasa, sangat umum dalam masakan Arab. Saffron, yang umumnya digunakan sebagai obat di Anatolia, adalah rempah-rempah favorit dalam masakan India, Iran, Eropa, Maroko, dan Asia Tengah saat ini.

Lalu Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? Berikut ini adalah beragam informasi tentang Saffron.

Apa Saffron Itu?

Saffron adalah jenis tanaman bumbu atau rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Biji bunga saffron inilah yang digunakan sebagai bumbu dan dikonsumsi sebagai obat.

Biji bunga saffron berwarna corak merah cerah, yang juga disebut dengan benang bunga karena bentuknya yang mirip benang. Inti bunga saffron ini dipetik oleh petani, dikumpulkan dan dikeringkan untuk digunakan untuk berbagai keperlun manusia, terutama sebagai bumbu dan zat pewarna dalam makanan.

Saffron telah lama digunakan sebagai rempah dan termasuk rempah dengan harga termahal di dunia.

Bunga safron memiliki umbi yang ukurannya bisa mencapai 20-30 sentimeter setelah tanam dan bunganya biasa mekar di musim gugur.

Saffron telah banyak dibudidayakan dan ditanam di Anatolia sejak zaman bangsa Het, terutama saffron banyak ditanam di Urla dan Safranbolu. Pada masa sekarang, saffron banyak diproduksi oleh Iran dan Spanyol.

Apa itu Saffron

Saffron yang memiliki bau khas menyengat memiliki sensasi pahit dan tajam yang cocok digunakan sebagai bumbu. Dalam makanan, saffron bisa memberi warna emas ketika dimasukkan ke dalam air hangat.

Nama Saffron secara bahasa berasal dari akar kata asfar, yang berarti kuning dalam bahasa Arab. Nama ini muncul karena warna kuning yang muncul pada air ketika dimasuki saffron. Bunga berasal dari tanaman yang menyukai iklim hujan dan sedang.

Apa Saja Manfaat Saffron Itu?

Selain untuk melezatkan dan menambah warna menarik pada makanan, saffron juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Mineral dan vitamin dalam kandungannya memiliki efek antipiretik dan memberi energi pada pilek. Hal ini efektif dalam penyakit paru-paru, terutama bronkitis dan asma.
Diperkirakan untuk mencegah penyakit jantung dan melindungi jantung.

Studi yang dilakukan di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa safron efektif dalam mengendalikan nafsu makan. Ditekankan bahwa kunyit baik untuk gangguan gizi dengan mengurangi keinginan makan. Telah ditemukan memiliki efek menenangkan terhadap stres dan kecemasan yang terjadi selama diet.

Dalam studi ilmiah, pengaturan gangguan kontrol emosi safron adalah manfaat lain dari safron. Tanaman yang mengontrol kadar serotonin dalam tubuh ini dapat memberikan solusi untuk banyak masalah psikologis, terutama depresi.

Berkat efek stimulasi pada saraf, safron, yang meningkatkan kinerja dan hasrat seksual pada pria, mengurangi rasa sakit yang terjadi selama periode menstruasi pada wanita.
Terkenal karena efek antioksidan dan anti-karsinogeniknya, safron mencegah penyebaran tumor kanker dan membantu mengecilkan tumor.

Ini memperkuat memori dan telah digunakan sebagai metode alternatif dalam pengobatan Alzheimer dalam beberapa tahun terakhir.

Masker wajah yang dibuat menggunakan bubuk saffron membuat kulit tampak lebih hidup dan halus.

Selain itu, kunyit juga efektif untuk kesehatan gigi. Tanaman yang memiliki banyak efek menguntungkan dari gusi berdarah hingga pencegahan kerusakan gigi, mengatur kerja banyak organ, termasuk mata.

Apa Saja Kalori dan Nilai Gizi Saffron?

Apa itu Saffron dan apa saja gizi yang dikandungnya? Saffron termasuk tanaman yang mengandung gizi tinggi. Di antara daftar gizi dalam saffron adalah:

Nilai kalori 100 gram kunyit adalah 310, 11 gram protein, 65 gram karbohidrat, 148 mg natrium,
1724 mg kalium, Ini mengandung 6 gram lemak.

Saffron yang telah digunakan sebagai obat di kalangan masyarakat dari dulu hingga sekarang, mengandung mineral seperti tembaga, seng dan mangan, yang sangat penting untuk kesehatan.

Tanaman yang juga kaya akan kalsium dan zat besi ini mengandung vitamin golongan B, C dan A. Ini adalah -crocin, yang memberi saffron warna kuning keemasan cerah, yang mengandung lebih dari 150 senyawa aromatik, terutama karotenoid, likopen dan zeaxanthin.

Bagaimana Tanaman Saffron Tumbuh dan Dibudidayakan?

Apa itu Saffron dan bagaimana pembudidayaannya? Budidaya safron, yang memiliki lebih dari 150 minyak aromatik, cukup menuntut. Untuk mendapatkan 100 gram safron, hampir 1 hektar lahan ditanami.

Setiap stigma pada bunga saffron dipetik satu per satu sebelum matahari terbit di pagi hari. Untuk hanya setengah kilo safron, 225 ribu gundukan yang dikumpulkan dari 75 ribu bunga harus digunakan.

Berapa Harga Saffron?

Diperlukan untuk menghasilkan hampir 80 ribu bunga untuk mendapatkan hanya setengah kilo safron dari tanaman saffron, yang merupakan tanaman yang sangat sulit untuk tumbuh.

Dengan demikian, kunyit adalah salah satu tanaman yang paling mahal per kilonya. Harga 1 gram saffron sekitar 30 ribu di Turki. Di daerah Eropa harga 1 gram Saffron bisa mencapai 150 ribuan. Di Indonesia sendiri harga saffron ada pada kisaran 150 ribu rupiah.

Bahaya dan Efek Samping Saffron

Ada kasus di mana konsumsi safron berbahaya dan juga manfaatnya. Jadi konsumsi saffron yang tak tepat juga bisa mendatangkan bahaya.

Efek stimulasi safron dapat menyebabkan keguguran terutama selama kehamilan. Untuk alasan ini, tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan.

Penggunaan berlebihan lebih dari jumlah yang harus diambil setiap hari dapat menyebabkan keracunan yang mengancam jiwa. Disarankan konsumsi safron harian tidak boleh melebihi 30 miligram.

Konsumsi saffron berlebihan juga dapat merusak ginjal. Saffron ini juga dapat meningkatkan perdarahan karena saffron mengandung zat yang bisa mempercepat aliran darah.

Bagaimana Saffron Digunakan?

Saffron, yang paling banyak digunakan setelah lada hitam dalam masakan Ottoman, biasanya dilarutkan dalam air mawar atau cuka pada waktu itu.

Saffron, yang digunakan terutama dalam pilaf dan hidangan daging dalam masakan Turki, lebih disukai dalam makanan penutup susu dan zerde.

Tanaman saffron yang dijual dalam bentuk kawat dan bubuk ini jarang digunakan sebagai teh herbal. Teh safron tidak disukai karena aromanya yang pahit dan baunya yang menyengat.

Tumbuhan yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan ini memberikan rasa yang luar biasa dengan baunya yang tajam dan rasa yang gurih.

Saffron, yang saus lezatnya disiapkan dalam hidangan yang disiapkan dengan ayam, adalah bumbu yang dicari dalam semur ikan dalam masakan Mediterania.

Di negara kami, safron Turki yang dibuat di Safranbolu, di mana saffron paling banyak ditanam, sangat direkomendasikan. Kenikmatan Turki, yang dilapisi dengan kelapa di bagian luar, memiliki hazelnut di tengah dan rasa berbeda yang ditambahkan oleh kunyit terlihat pada gigitan pertama.

Karena rasa luar biasa milik Safranbolu, yang terkenal dengan rumahnya, mulai menarik perhatian dari sudut pandang wisata, ada peningkatan varietas kenikmatan safron.
bumbu kunyit

Beragam Kegunaan Saffron

Apa itu Saffron dan apa saja kegunaannya? Saffron yang digunakan dalam makanan, makanan jadi, minuman keras dan sirup karena sifat pewarna dan penyedapnya, banyak digunakan di banyak bidang, terutama di industri farmasi, pewarnaan kain dan pembuatan parfum.

Saffron, yang menarik perhatian dengan harganya yang mahal, juga membangkitkan rasa penasaran dengan strukturnya yang misterius.

Salah satu kegunaan saffron yang paling menarik adalah kegunaannya untuk menulis di udara. Untuk tulisan-tulisan ini, tinta safron dibuat dengan menggunakan zat pewarna dari tumbuhan. Perlu dicatat bahwa tinta ini juga cukup mahal.

Minyak saffron yang diperoleh dari biji di bagian duri tanaman saffron sangat bermanfaat.
Saffron, yang dikeringkan dan diubah menjadi bubuk, sensitif terhadap perubahan pH.

Untuk mencegah tanaman, yang memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap panas, dari oksidasi dan disintegrasi, Anda harus menyimpannya dalam wadah yang mencegah kontak udara.

Sumber Bacaan:

Saffron

Saffron dan Manfaatnnya

 

Originally posted on January 14, 2022 @ 1:08 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *