apa itu nuzulul quran?

apa itu nuzulul quran? Nuzulul Quran adalah kata yang sering kita dengar terutama pada saat bulan Ramadhan yang berkaitan dengan peringatan dalam agama Islam. nuzulul quran sebagai sebuah peringatan selalu diperingati oleh umat Islam pada saat bulan ramadhan.

Dalam peringatan nuzulul Quran biasanya akan diadakan tasyakuran berupa makan bersama, tausiah dari para ustadz dan juga pembacaan al-Quran. nuzulul quran di beberapa tempat diperingati dengan berkumpul bersama dan berdoa bersama.

Lalu apa itu nuzulul quran? Apa yang dimaksud dengan nuzulul quran, pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan menjelaskannya secara lebih rinci.

Apa itu nuzulul quran?

apa yang dimaksud dengan nuzulul quran? Secara bahasa nuzulul quran terdiri dari dua kata yaitu nuzul dan Quran. Adapun nuzul itu berarti turun, sedangkan Quran adalah al-Quran. Dengan demikian, nuzulul Quran berarti turunnya al-Quran.

Dari penjelasan ini, kita bisa mendefinisikan bahwa nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat penyampai wahyu yaitu Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Nuzulul Quran di Indonesia dan di beberapa negara dijadikan sebuah peringatan yang diperingati setiap tahun, yaitu pada tanggal 17 ramadhan. Hal ini dikarenakan al-Quran pertama kali diturunkan di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadan. Momen pada tanggal 17 Ramadhan inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Kita juga bisa memahami bahwa maksud nuzulul quran sebagai peringatan itu adalah awal turunnya al-Quran. Karena sebenarnya nuzulul Quran atau turunnya al-Quran pada saat Rasulullah Saw masih hidup itu tidak hanya terjadi pada bulan Ramadhan.

Al-Quran turun selama kurun waktu 23 tahun secara berangsur-angsur sejak nabi berumur 40 tahun hingga 63 tahun. Adapun wahyu yang pertama kali turun adalah surah al-Alaq ayat 1-5 dan ini terjadi di bulan Ramadhan, yang diyakini oleh para ulama tepatnya pada tanggal 17 ramadhan. Setelah itu al-Quran turun hingga penuh menjadi 30 juz sebagaimana sekarang tertulis di mushaf al-Quran.

Hikmah Nuzulul Quran

Dengan memperingati nuzulul quran dan juga adanya nuzulul quran itu sendiri kita pun bisa mengambil beberapa hikmah. Di antaranya adalah:

1. Mengingat Kembali Tentang Peristiwa Turunnya Al-Qur’an

2. Lebih menghayati tentang hakikat Al-Qur’an

3. Mengetahui kemuliaan Al-Qur’an Mengingat quran Diturunkan Dalam Malam Kemuliaan

Kesimpulan Tentang nuzulul quran

Dari uraian di atas kita bisa memahami bahwa nuzulul quran itu berarti turunnya al-Quran. Jika dikaitkan dengan istilah peringatan di Indonesia maka nuzulul quran itu lebih tepat disebut sebagai peringatan turunnya al-Quran pertama kali kepada nabi.

Al-Quran dalam sejarahnya turun kepada nabi dalam kurun waktu 23 tahun secara berangsur-angsur. Hal ini karena ada banyak alasan dibaliknya, seperti agar memudahkan umat islam dalam mempelajari al-Quran.

 

Originally posted on December 29, 2021 @ 7:12 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *