Apa itu Kitab Taurat? Kepada Siapa Kitab Taurat Diturunkan?

Apa itu Kitab Taurat? Kepada Siapa Kitab Taurat Diturunkan? Ada beberapa kitab yang diturunkan kepada para nabi selain al-Quran. Di antaranyaa adalah ktiab Taurta, Zabur dan Injil.

Kitab-kitab tersebut berisi petunjuk bagi umat nabi sehingga mereka bisa mengetahui jalan yang lurus. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu kitab Taurat? Kepada siapa Taurat diturunkan?

Apa itu Kitab Taurat?

Kitab Taurat adalah Kitab suci bagi pemeluk agama Yahudi yang diturunkan kepada Nabi Musa dan memuat perintah-perintah Allah. Dari empat kitab suci agama samawi seperti Zabur, Injil dan al-Quran,  Taurat merupakan kitab yang diturunkan kepada Musa yang berisi wahyu seperti perintah-perintah Allah.

Kitab Taurat ditulis dalam bahasa Ibrani dan kitab ini dalam bahasa aslinya bernama Torah. Selain itu, kitab ini juga dikenal sebagai Lima Kitab Musa. Kitab Taurat ini terdiri dari lima bagian kitab yang diyakini telah diwahyukan kepada Musa oleh Tuhan Sang Pencipta.

Isi Kitab Taurat

Berikut ini adalah Lima Bab dari Taurat atau yang disebut dengan Lima Kitab Musa.

1. Kejadian atau Penciptaan

Ini menggambarkan penciptaan dunia dan manusia, pengusirannya dari surga, Air Bah Nuh , dan Abraham, Ishak, Yakub dan Yusuf, nenek moyang orang-orang Ibrani.

2. Keluaran

Ini menggambarkan eksodus orang – orang Yahudi dari Mesir di bawah kepemimpinan Musa dan pengembaraan mereka di gurun Sinai selama 40 tahun, wahyu dari sepuluh perintah dan penerimaan hukum dasar.

3. orang Lewi

Ini menggambarkan pengangkatan putra Harun sebagai imam dan penyembahan Israel kuno.

4. Angka atau Menghitung di Gurun

Ini menggambarkan pengalaman orang Israel dari eksodus mereka dari Gunung Sinai ke perbatasan timur tanah Kanaan. Ini juga berisi hukum-hukum yang diberikan oleh Tuhan melalui Musa di perbatasan Kanaan.

5. Ulangan

Ini berisi nasihat yang Musa berikan kepada orang-orangnya di Gurun Moab sebelum kematiannya.

Kitab Taurat dalam Pandangan Islam

Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Taurat adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa oleh Allah:

“Kemudian Kami berikan kepada Musa Kitab (Taurat) untuk menyempurnakan nikmat Kami kepada orang-orang yang berbuat baik, untuk menjelaskan segala sesuatu, untuk membimbing dan menunjukkan rahmat. Agar mereka percaya bahwa mereka akan bertemu Tuhan mereka.” (Surat al-An’am, ayat 154)

“Sebelum itu, ada kitab Musa sebagai rahmat dan petunjuk. Ini (Al-Qur’an) adalah kitab konfirmasi yang diturunkan dalam bahasa Arab untuk memperingatkan orang-orang yang zalim dan untuk berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Surat Ahqaf, ayat 12).

Umat Muslim menganggap Taurat sebagai suci, tetapi mereka percaya bahwa teks asli Taurat telah dipalsukan dari waktu ke waktu.

Originally posted on December 23, 2021 @ 7:49 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *