Apa Itu Kitab Taurat? Kepada Siapa Diturunkan? Kitab Agama Apa?

Dalam agama Islam, ada empat kitab suci yang termasuk kitab samawi yang dituru. keempat kitab tersebut adalah Taurat, Mazmur, Alkitab dan Quran. Alquran adalah kitab yang diberikan kepada Nabi Muhammad, Zabur atau Mazmur diberikan kepada Nabi Daud dan Alkitab atau Injil itu diturunkan kepada Nabi Isa.

Adapun Taurat adalah nama kitab yang diturunkan kepada Musa. Dalam teks-teks lama, Taurat digambarkan sebagai Perjanjian Lama sedangkan Alkitab disebut sebagai Perjanjian Baru. Jika anda bertanya tentang apa itu kitab Taurat dan kepada Nabi siapa kitab itu diturunkan? Kitab Taurat itu kitab agama apa? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara tuntas.

Apakah Taurat Itu dan kepada Nabi siapa Kitab itu diturunkan?

Taurat adalah kitab suci yang diturunkan kepada Musa. Nama asli dari kitab yang diturunkan dengan bahasa Ibrani ini adalah Torah. Secara bahasa, Taurat berarti aturan hukum dan syariah.

Kitab taurat sebagaimana kitab-kitab lainnya juga memiliki beberapa bagian di dalamnya. Nama bagian pertama dari kitab Taurat ini adalah Kitab Kejadian. Dalam bagian pertama ini diceritakan kisah-kisah nabi seperti Nabi Adam dan siti Hawa bagaimana keduanya diciptakan semuanya dijelaskan secara rinci dalam kitab Taurat ini. Di bagian Kejadian ini juga dijelaskan bahwa nabi Nuh hidup selama 950 tahun.

Nabi-nabi lain yang dijelaskan dalam kitab Kejadian adalah sebagai berikut: 1- Arpakshad 2- Abram (Nabi Ibrahim) 3- Nabi Salih 4- Nabi Yakub dan 5-Nabi Ishak

Nama bagian kedua dari Taurat adalah Kitab Keluaran. Di bagian ini, Dikisahkan bahwa Nabi Yakub bergulat dengan seorang Malaikat. Nabi Yakub bergulat dengan malaikat itu sampai pagi. Setelah itu, malaikat tersebut menamai Yakub dengan nama Israel. Selain itu pada bagian ini, dijelaskan pula tentang kedatangan Musa di hadapan Firaun dan percakapan di antara mereka.

Firaun, menuduh bahwa Musa melakukan sihir sebagaimana yang ia tunjukkan kepada Firaun. Setelah itu, Nabi Musa dan saudaranya yaitu Nabi Harun membawa umatnya yaitu Bani Israil keluar dari Mesir. Itu sebabnya pada bagian ini disebut dengan “Keluar”. Setelah Keluaran yang terdiri dari 40 Bab ini kemudian disebutkanlah bagian Imamat. Bagian ini ada di sebagian besar sumber dikenal sebagai kitab Musa yang ketiga.

Di bagian Imamat, disebutkan tentang hal-hal yang haram dan halal bagi orang Yahudi atau dalam kata lain bagian ini termasuk bagian hukum-hukum. Bab-bab berikutnya dalam Taurat adalah Bilangan dan Ulangan. Dalam Ulangan, tertulis bahwa setiap hewan dengan cakar sumbing dan pemamah adalah halal bagi orang Yahudi. Makan bangkai hewan dilarang dalam agama Yahudi, sebagaimana juga dalam semua agama monoteistik lainnya.

Nama-nama bagian atau kitab-kitab lainnya dari Taurat di antaranya adalah sebagai berikut: 1- Yesaya 2- Yeremia 3- Samuel Pertama 4- Samuel Kedua 5- Ratapan Yeremia

Taurat adalah Kitab Agama Mana?

Taurat adalah kitab suci Yudaisme atau kitab suci agama Yahudi. Kitab Taurat yang ditulis setelah kematian Musa ini berisi ketentuan tentang agama, hukum, dan pujian. Nabi-nabi yang namanya paling banyak disebutkan dalam kitab tersebut adalah Nabi Musa, Nabi Yakub, Nabi Ibrahim dan Nabi Harun.

Menurut agama Islam, semua kitab samawi kecuali Al-Qur’an telah mengalami perubahan dan pemalsuan isinya. Dalam banyak ayat Al-Qur’an, dinyatakan bahwa Taurat itu telah diubah oleh para pemimpin agama Yahudi.

Originally posted on December 23, 2021 @ 6:14 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *