Apa itu kitab Qurrotul Uyun? Siapa pengarang Qurrotul Uyun?

Apa itu kitab Qurrotul Uyun?

Kitab qurrotul Uyun memiliki judul lengkap قرة العيون بشرح نظم ابن يامون في آداب النكاح وما يتعلق به مما يجب أو يباح atau “Qurratul uyun penjelasan nadham Ibnu Yamun dalam hal adab pernikahan dan segala hal yang berhubungan dengan pernikahan baik kewajiban maupun hal yang mubah.

Kitab Qurrotul uyun adalah kitab penjelas, yang menjelaskan nadham Ibnu Yamun, yaitu nadham yang membahas tentag bab pernikahan, kewajiban dan hal-hal yang diperbolehkan.

Qurratul ‘Uyun merupakan salah satu khazanah kitab kuning yang termasyhur dan banyak diajarkan di pesantren termasuk pesantren pada masa kini. Kitab Qurrotul uyun ini merupakan kitab yang berisi sebuah panduan untuk menyusuri bahtera rumah tangga dan menuntun langkah dalam menelusuri lika-liku kehidupan rumah tangga.

Dalam kitab Qurotul Uyun banyak dijelaskan tentang berbagai hal termasuk tentang keutamaan menikah, memilih jodoh yang sesuai, adab bersetubuh dengan pasangan dan posisi-posisi dalam berhubungan badan.

Siapa pengarang Qurrotul Uyun?

Qurratul uyun dikarang oleh SYAIKH MUHAMMAD AT-TIHAMI BIN MADANI. Kitab ini adalah kitab penjelas dari nadham yang dikarang oleh Ibnu Yamun ابن يامون.

Kitab ini banyak sekali dikaji di pesantren-pesantren di Indonesia oleh santri-santri tingkat lanjut. Kitab Qurrotul Uyun ini juga banyak dikaji pada kajian pesantren kilat yang diadakan di bulan Ramadhan.

Originally posted on December 30, 2021 @ 7:14 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *