Image: haber7.com

Apa Itu Habbatussauda? Informasi Tentang Habbatussauda Dan Beragam Manfaatnya

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 25, 2021)

Apa Itu Habbatussauda?

Habbatussauda adalah nama untuk jenis tumbuhan yang memiliki biji hitam yang digunakan sebagai tanaman obat. Habbatussauda memiliki nama latin Nigella sativa ( N. sativa ), yang mana ia berbentuk tumbuhan berbunga kecil yang banyak tumbuh di daerah Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan.

Dalam beberapa daerah Habbatussauda dikenal dengan nama yang berbeda. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut dengan black seed ini memiliki banyak nama lain, termasuk jintan hitam, nigella, bunga adas, dan ketumbar Romawi.

Minyak jintan hitam yang diekstrak dari biji habbatussauda itu telah digunakan untuk pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun karena memang banyak sekali manfaatnya.

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa ternyata jintan hitam atau habbatussauda itu memang memiliki manfaat yang sangat besar sekali untuk kesehatan.

Habbatussauda bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti asma dan membantu penurunan berat badan.

Hadis Tentang Habbatussauda

Dalam kalangan masyarakat Muslim habbatussauda sudah dikenal lama sebagai tanaman yang berkhasiat. Hal ini memang Rasulullah Saw. sendiri telah bersabda tentang khasiat habbatussauda itu sendiri.

Hal ini pun menjadikan habbatussauda sebagai metode pengobatan thibbunnabawi atau pengobatan ala Nabi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadis:

إِنَّ هَذِهِ الحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا مِنَ السَّام

”Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” (HR. Bukhari).

Para ulama pun menuturkan bahwa habbatussauda memang memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Hal ini pun menjadikan habbatussauda sebagai tanaman yang banyak dikonsumsi sebagai obat.

Manfaat Habbatussauda Atau Jintan hitam Untuk kesehatan

Dalam pengobatan tradisional, jintan hitam baik sebagai biji atau yang telah diekstrak sebagai minyak telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

BACA JUGA:  Cara Mendirikan Pondok Pesantren

Karena keampuhannya itulah Habbatussauda kadang-kadang disebut sebagai “obat mujarab” atau obat penyembuh serbaguna.

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan:

1. Habbatussauda Mengandung antioksidan Tinggi

Jintan hitam mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan sangatlah penting artinya untuk kesehatan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa zat antioksidan itu memang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

Secara khusus, minyak jintan hitam kaya akan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan bermanfaat untuk tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

2. Dapat menurunkan kadar gula Dalam darah

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus telah terbukti meningkatkan risiko komplikasi di kemudian hari, termasuk datangnya penyakit ginjal, penyakit mata, dan stroke.

Adapun habbatussauda ini sangatlah efektif untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa meminimalisir beragam penyakit tersebut.

Beberapa penelitian pada kelompok dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa dosis 2 gram biji hitam utuh yang dihancurkan dan diminum rutin per hari dapat secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah.

Penelitian lain pun bereksperimen dengan menggunakan bubuk habbatussauda dalam kapsul, dan diperoleh hasil bahwa habbatussauda terbukti membantu menurunkan kadar gula darah.

Jadi sangatlah tepat jika anda memutuskan untuk mengonsumsi habbatussauda secara rutin untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Habbatussauda Dapat membantu mengobati asma

Asma adalah kondisi kronis di mana lapisan saluran udara dalam paru-paru membengkak dan otot-otot di sekitarnya mengerut, sehingga seseorang penderita asma akan sulit bernapas.

BACA JUGA:  11 Manfaat Konsumsi Buah Bagi Tubuh Kita

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak jintan hitam, dan khususnya timokuinon dalam minyak jintan hitam itu, dapat membantu mengobati asma dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran napas.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 80 orang dewasa penderita asma dihasilkan kesimpulan bahwa mengonsumsi 500 mg kapsul habbatussauda dua kali sehari selama 4 minggu secara signifikan mampu meningkatkan pengendalian terhadap penyakit asma.

4. Dapat membantu Program penurunan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh pada individu yang memiliki kondisi obesitas atau masalah kegemukan.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 8 minggu, pada 90 wanita usia 25-50 dengan obesitas, beberapa di antara mereka diberi asupan 1 gram minyak jintan hitam per makanan dengan total 3 gram per hari.

Sedangkan yang lain tidak diberi asupan habbatussauda.

Pada hasil penelitian, mereka yang mengonsumsi minyak jintan hitam telah kehilangan berat badan dan lingkar pinggang secara signifikan lebih banyak daripada kelompok yang tidak diberi asupan habbatusauda.

5. Dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol

Habbatussauda juga telah diketahui keefektifannya dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penting penyebab penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 90 orang dengan kadar kolesterol tinggi disebutkan bahwa mengonsumsi 2 sendok teh (10 gram) minyak habbatussauda setelah makan pagi selama 6 minggu secara signifikan mampu mengurangi kadar kolesterol buruk.

Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda secara signifikan mengurangi tingkat tekanan darah, dibandingkan dengan relawan yang tidak mengonsumsi habbatussauda.

6. Habbatussauda Bermanfaat Untuk melindungi kesehatan otak

Neuroinflamasi adalah peradangan yang terjadi pada jaringan otak yang memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian pada hewan awal menunjukkan bahwa timokuinon dalam minyak jintan hitam dapat mengurangi peradangan saraf ini.

BACA JUGA:  Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan Menurut Islam

Oleh karena itu, habbatussauda dapat membantu melindungi dari gangguan otak seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Seebuah studi yang dilakukan pada 40 orang dewasa lansia yang sehat menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kesehatan otak setelah mengonsumsi 500 mg kapsul Habbatussauda dua kali sehari selama 9 minggu.

Habbatussauda Sangat Bagus untuk Kesehatan kulit dan rambut

Selain untuk kesehatan organ dalam, minyak jintan hitam bisa digunakan secara rutin untuk membantu memperbaiki masalah kulit dan melembabkan rambu .

Penelitian menunjukkan bahwa karena memiliki efek antimikroba dan anti-inflamasi, minyak jintan hitam dapat membantu dalam mengobati beberapa kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim dan kulit kering.

Minyak habbatussauda juga dianggap dapat membantu melembabkan rambut dan mengurangi ketombe.

Kesimpulan Tentang Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Habbatussauda atau jintan hitam mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Habbatussauda bisa digunakan sebagai obat asma dan berbagai kondisi kulit, menurunkan gula darah dan kadar kolesterol, membantu penurunan berat badan, dan melindungi kesehatan otak.

Minyak jintan hitam dapat dikonsumsi baik dalam bentuk kapsul maupun minyak cair secara langsung. Juga anda pun bisa memakan biji habbatussauda kemudian meminum air.

Namun, karena rasanya yang pahit, anda mungkin lebih memilih untuk meminum kapsul atau mencampurkan minyak habbatussauda dengan madu atau jus buah segar.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *