Apa hukum main mobile legend dalam Islam?

Hukum main mobile legend, Mobile legend merupakan salah satu platform game online yang populer dengan user jutaan termasuk di Indonesia.

Permainan ini bagi penggemarnya termasuk sangat menarik sehingga banyak di antara mereka yang rela berjam-jam menghabiskan waktu untuk bermain, bahkan juga diadakan kompetisi.

Lalu sebenarnya bagaimana hukum main mobile legend dalam Islam? Apakah diperbolehkan main mobile legend dalam Islam?

Apa itu Mobile Legend?

Mobile Legends, yang juga dikenal bersama dengan nama Bang Bang, biasa disebut ML atau MLBB, adalah game arena pertempuran online multipemain seluler yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, anak perusahaan ByteDance.

Permainan ini merupakan permainanan pertempuran yang dilakukan oleh banyak pemain secara online melalui smartphone.

Mobile legend menjadi permainan yang memiliki user di berbagai wilayah di dunia, dan termasuk populer di Indoneesia.

Hukum main mobile legend dalam Islam

Sebelum memutuskan hukum bermain game mobile legend, maka kita harus mengetahui pertimbangan dan asas-asas keputusan hukum dalam Islam.

Menurut hukum Islam, pada dasarnya, segala bentuk permainan yang bisa memberikan pengaruh positif dan manfaat pada pemainnya juga termasuk penonton atau siapapun yang terlibat di dalamnya tidaklah dilarang dalam Islam.

Selama dalam permainan tersebut tidak melibatkan unsur yang diharamkan seperti judi dan segala hal yang mengandung kemaksiatan maka hukum permainan itu adalah boleh.

Hal ini sebagimana kaidah fikih yang telah disepakati oleh para ulama sebagai berikut ini:

الْأَصْلُ فِي الْأَشْيَاءِ اْلإِبَاحَةُ إِلَّا مَا دَلَّ الدَّلِيْلُ عَلَي تَحْرِيْمِهِ

Artinya: “ Hukum asal segala sesuatu adalah mubah atau boleh sampai ada dalil yang menunjukkan keharamannya.”

Arti hukum boleh dalam sebuah permainan ini bisa berupa hukum mubah yang artinya benar-benar boleh tanpa ada unsur apapun dan juga hukum boleh dengan kriteria makruh atau ada unsur lebih baik ditinggalkan.

Dari kedua hukum tersebut, manakah yang diambil untuk diberlakukan pada permainan tertentu, maka itu bergantung pada bentuk permainan sendiri itu apakah permainan itu bisa memberikan dampak yang positif pada si pemain serta untuk kehidupan sosialnya.

Menurut NU ONLINE, hukum bermain mobile legend dalam Islam adalah boleh (mubah atau makruh) namun dengan catatan.

Yakni walaupun game ini diperbolehkan, namun jika permainan ini dilakukan secara terus-menerus hingga berdampak negatif, maka hukum bermain mobile legend dalam Islam pun bisa menjadi haram.

Ketika seseorang bermain mobile legend sampai-sampai lupa pada kewajibannya seperti shalat wajib, kewajiban lain seperti nafkah, membuat malas, menurunkan etos kerja, dan tidak memiliki manfaat untuk agama.

Hal ini pun dijelaskan lebih lanjut melalui kitab al-Fiqhul Manhaji oleh Syekh Musthafa berikut ini:

من هذه الألعاب الشطرنج، فهو قائم على تشغيل الذهن، وتحريك العقل والفكر. ولا ريب أنه لا يخلو عن فائدة للذهن والعقل، فإن عكف عليه زيادة عما تقتضيه هذه الفائدة، فهو مكروه، فإن زاد عكوفه حتى فوت بسببه بعض الواجبات عاد محرماً

Artinya: “ Di antara permainan ini adalah catur yang selalu menyibukkan hati dan menggerakkan akal pikiran. Tidak diragukan lagi bahwa catur tidak terlepas dari faedah bagi hati dan akal. Apabila seseorang disibukkan dengannya sampai melebihi kadar faedah itu, maka hukumnya makruh. Namun, apabila terlalu disibukkan, sehingga berdampak menggugurkan sebagian kewajiban, maka hukumnya kembali menjadi haram.”

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa hukum bermain mobile legend dalam Islam bisa variatif, tergantung dari pemain dan dampak permainan mobile legend yang ia lakukan.

Bermain mobile legend bisa saja dihukumi boleh, makruh, dan bahkan haram tergantung pada bagaimana kondisi pemain dan permainan itu. J

Salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam hukum mobile legend adalah tentang kesehatan tubuh.

Artinya jika seseorang bermain game online apapun termasuk mobile legend dengan melebihi batas hingga kesehatan tubuhnya menurun, maka hukum bermain mobile legend dalam Islam pun bisa menjadi haram.

Itulah informasi tentang hukum bermain mobile legend dalam Islam. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat tentang hukum permainan tersebut.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *