Apa boleh sholat sunnah berjamaah? Bolehkah shalat sunnah berjamaah?

Apa boleh sholat sunnah berjamaah? Bolehkah shalat sunnah berjamaah? Shalat dilakukan ada yang secara bersama-sama atau berjamaah dan juga ada yang dilakukan secara sendiri-sendiri yaitu shalat munfarid. Baik shalat wajib maupun shalat sunnah ada yang dilakukan secara jamaah dan juga sendiri.

Lalu apakah boleh sholat sunah yang diajarkan untuk dilakukan sendiri dilakukan dengan berjamaah? Apa hukum shalat sunnah yang biasanya dilakukan sendiri namun dilakukan dengan berjamaah? Misalnya saja shalat dhuha yang sebenarnya sendiri namun dilakukan dengang berjamaah, bolehkan?

Apa boleh sholat sunnah berjamaah? Bolehkah shalat sunnah berjamaah?

Shalat sunnah tidak mengapa dilaksanakan dengan berjamaah kadang-kadang saja atau tidak terus-menerus. Hal ini dikarenakan Nabi Saw sendiri shalat berjamaah dengan para sahabat pada beberapa malam. Terkadang para sahabat seperti Abdullah bin Abbas, Ibnu Mas’ud dan Hudzaifah bin Yaman shalat bersama Rasulullah Saw.

Imam Ibnu Qudamah menjelaskan dalam kitab Mugni:

وذكر الإمام ابن قدامة الحنبلي في كتابه المغني: يجوز التطوع جماعة وفرادى، «لأن النبي صلى الله عليه وسلم فعل الأمرين كليهما، وكان أكثر تطوعه منفردًا، وصلى بحذيفة مرة، وبابن عباس مرة، وبأنس وأمه واليتيم مرة، وأم أصحابه في بيت عتبان مرة، وأمهم في ليالي رمضان ثلاثا»، والآثار فيها كلها صحاح جياد

Boleh shalat sunnah berjamaah dan sendiri sendiri. Karena Nabi Saw melaksanakan shalat sunnah dengan jamaah dan sendiri-sendiri. Nabi banyak shalat sunnah dengan sendiri. Nabi Shalat suatu waktu dengan Huzaifah, Ibnu Abbas, Anas dan ibunya, al-Hatim. Nabi mengimami sahabat-sahabat Rasul dalam satu rumah dan mengimami mereka dalam malam-malam bulan ramadhan tiga kali. Hadis-hadis tentang hal ini semuanya sahih dan jayyid.

Dengan demikian boleh ukumnya bagi seorang muslim untuk shalat sunnah dengan berjamaah seperti shalat dhuha, shalat malam atau shalat sunnah lainnya. Shalat jamaah tidak hanya dilakukan untuk shalat wajib saja. Boleh hukumnya shalat sunnah dengan cara berjamaah.

Shalat Sunnah yang Memang Dilakukan dengan Berjamaah

Perlu diketahui bahwa tidak semua shalat sunnah itu dilakukan dengan sendiri-sendiri. Ada shalat sunnah yang memang dilakukan dengan berjamaah, seperti shalat gerhana matahari dan bulan, shalat istisqa memohon hujan dan shalat tarawih.

Originally posted on January 1, 2022 @ 5:49 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.