Apa Arti al-Madinah al-Munawaroh?

Kota Madinah

Dalam agama Islam dikenal salah satu kota suci yang menjadi pusat penting bagi pemerintahan dan dakwah ajaran Islam, yaitu kota Madinah yang disebut dengan al madinah al munawaroh.

Madinah merupakan salah satu dari dua kota penuh berkah yang terkenal terletak di wilayah Hijaz di Jazirah Arab. Kota Madinah juga termasuk Ibu kota pertama Negara Islam. Kota lainnya yang juga diberkati di Hijaz adalah kota Mekah tempat kiblat umat Islam yaitu Kakbah. Kedua kota suci ini disebut dengan Haramain atau dua kota Haram.

Adapun Madinah disebut dengan al madinah al munawaroh. Lalu Apa arti al madinah al munawaroh? Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan tentang sebutan kota Madinah tersebut.

Apa arti al madinah al munawaroh?

Kota Madinah merupakan kota tempat hijrah Rasulullah Saw berdasarkan perintah Allah juga setelah beliau mengamati bahwa dakwah di Mekah itu banyak sekali gangguan sehingga kurang efektif.

Nabi Muhammad meninggalkan Mekah dan berhijrah ke Madinah juga orang-orang mukmin di mana kemudian Nabi mendirikan pemerintahan Islam pertama.

Kota Madinah awalnya bernama Yastrib lalu diganti oleh Nabi menjadi Madinah, yang secara bahasa berarti “Kota”. Kemudian kota madinah pun memiliki sebutan al madinah al munawaroh? Apa arti al madinah al munawaroh itu?

Jawabannya adalah Kota Madinah menjadi kota yang penuh berkah. Hal ini dikarena salah satunya adalah adanya makam Nabi Muhammad juga Masjid Nabawi terletak di kota Madinah ini. Karena alasan inilah, kota Madinah disebut al-Madinah al-Munawwarah, yang artinya adalah “Kota yang diterangi”. Kota Madinah adalah pusat administrasi negara Islam selama masa khalifah pertama.

Lebih Lanjut Tentang Kota Madinah

Kota Madinah menempati urutan kedua setelah Mekah di antara kota suci terpenting dunia Islam. Nabi Muhammad hijrah dari Mekah ke Medina pada tahun 622, selain beliau juga menghabiskan sebagian hidupnya di sini.

Madinah adalah tempat pertama kali didirikannya struktur pemerintahan dan model ekonomi Islam. Oleh karena itu, kota yang disebut sebagai tempat penyebaran Islam ke dunia ini juga dikenal sebagai “Kota Nabi” selain kota Madinah al-Munawwarah atau “Kota Madinah yang Menyinari”.

Non-Muslim dilarang memasuki tempat-tempat suci kota Madinah. Ada banyak tempat suci di kota Madinah ini, di mana kita dapat melihat banyak contoh arsitektur Islam yang sangat indah. Di antara situs yang paling penting di antara tempat-tempat di Madinah adalah Makam Nabi Muhammad yang terletak di Masjid Nabawia yang ramai pada saat moment kunjungan haji dan umrah.

Originally posted on December 24, 2021 @ 7:46 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.