ada berapa huruf di dalam al quran

Ada berapa huruf di dalam al quran? Jumlah huruf dalam Al-Qur’an adalah 340.740 ayat, dan huruf yang tepat berada di tengah-tengah Al-Qur’an adalah huruf fa’ (ف) pada lafal (وَلْيَتَلَطَّفْ) QS Al-Kahfi: 19.

Ada pernyataan yang berbeda dari para ulama yang berbeda tentang jumlah huruf dalam Al Qur’an. Menurut Bediuzzamansaitnursi, jumlah huruf dalam Al-Qur’an adalah 300.620.

Namun menurut Abdullah bin kasir, 321.180, menurut fald bin ata bin yasar 325.015, menurut Muhammad el hamani, dikatakan ada 340.740 huruf. Salah satu hikmah di balik perbedaan antar ulama ini bermula dari penulisan bahasa Arab.

Perbedaan Jumlah Huruf dalam al-Quran menurut para ulama

-Abdullah b. Kathir dan Mujahid 321.180,
– Fadl b. Ata b. Yaar 325.015,
– Sallam Abu Muhammad al-Hamani (rahimehumullah) mengatakan bahwa dia berusia 340.740.
– Imam Suyuti, dalam karyanya yang terkenal al-Itkan; Menurut riwayat dari Ibnu Abbas (r.anhuma), ia menyebutkan bahwa keseluruhan Al-Qur’an terdiri dari 323.671 huruf.

Pada titik ini, dapat dikatakan dari mana perbedaan antara angka-angka itu berasal. Kita dapat mencoba menjelaskan pertanyaan ini sebagai berikut:

Tentu ada sejumlah alasan dan hikmah mengapa para ulama mengemukakan angka yang berbeda dalam jumlah ayat, kata, dan huruf Al-Qur’an. Sebagai contoh;

– Perbedaan dalam menghitung kata disebabkan oleh diperhitungkan atau tidaknya kata-kata adat-nahvî-kitâbî.

– Fakta bahwa angka yang berbeda diperoleh dalam penghitungan huruf kemungkinan besar disebabkan oleh fakta bahwa alif ditulis dalam strut kecil di tulisan Usmanî dan huruf tambahan seperti Wawu dan ya, yang merupakan tempat dari dari hamzah, tidak dihitung. Selain itu, mungkin siddah memiliki efek, bersama dengan gambar Alif yang muncul di antara Kaligrafi Ottoman dan garis lainnya.

Selain itu, dalam jumlah besar seperti itu, tidak terlalu penting bahwa ada beberapa perbedaan dalam pecahan.

Namun, fakta bahwa banyak ulama besar Islam, khususnya Turjumanul-Qur’an Ibn Abbas (r.anhuma), menghitung kata-kata dan huruf-huruf Al-Qur’an beserta ayat-ayatnya, menunjukkan pentingnya pekerjaan ini. Demikian pula jumlah kata dan huruf yang digunakan dalam Al-Qur’an, firman Allahu Teala, pemilik ilmu yang tak terbatas, dan upaya untuk mengetahui keberadaan beberapa misteri di dalamnya merupakan indikasi yang jelas dari nilai yang diberikan kepada Kitab Ilahi oleh umat Islam.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *