Image: Pixabay

11 Cara Efektif untuk Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 30, 2021)

Kram Saat Menstruasi

Apakah di dunia ini ada wanita yang tidak pernah mengalami kram saat menstruasi dalam hidupnya? Pernahkah anda bertanya demikian? Jawabannya adalah, mungkin tidak ada wanita yang tak pernah mengalami kram saat hidupnya, karena memang kram saat menstruasi itu sudah bawaan.

Setiap bulan, jutaan wanita di seluruh dunia merasa terganggu dengan adanya nyeri saat haid. Bahkan di antara mereka ada yang harus mendapatkan perawatan khusus karena nyeri saat haid ini.

Meskipun kram saat haid ini bisa sangat menyakitkan, berikut ini kami rangkum beberapa cara efektif untuk mengatasi kram saat haid.

11 Cara Efektif untuk Mengatasi Kram Saat Menstruasi atau Nyeri Haid

1. Gunakan Terapi Panas

Seorang ilmuwan dari University College London telah membuktikan bahwa suhu 40 ° C dapat membantu Anda menghilangkan kram saat menstruasi.

Dari sebuah penelitian juga disebutkan bahwa rasa sakit saat menstruasi itu disebabkan oleh penurunan aliran darah ke organ tertentu sehingga menyebabkan kerusakan jaringan.

Hal yang paling mengejutkan adalah ditemukan data bahwa suhu panas mampu bekerja persis seperti sebuah obat untuk memblokir reseptor nyeri yang disebut P2X3.

Ambil kantong air panas atau plastik dan isi dengan air hangat kuku, lalu taruh di perut. Nikmatilah sensasi hangatnya.

Di sisi lain, jika Anda memiliki kucing, peluklah dengan kucing anda yang manis itu. Suhu tubuh kucing juga termasuk hal yang mampu mengurangi rasa sakit Anda.

2. Mandi air hangat

Seperti disebutkan di atas, panas mampu membantu meredakan nyeri haid. Maka mandi pun juga merupakan cara yang bagus untuk meredam nyeri sambil bersantai.

Jika Anda memiliki bak mandi, isi dengan air panas dan gunakanlah untuk berendam. Jika Anda tidak memiliki bak mandi, habiskan waktu di bawah tetesan air hangat, pijat tubuh anda dan terutama area yang sakit selama Anda mandi dan biarkan air menghilangkan rasa sakit Anda.

BACA JUGA:  Apakah Madu Cocok Untuk Diabetes?

3. Pijat perut Anda dengan minyak esensial

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijatan dengan minyak esensial dapat meredakan nyeri haid. Lavender disebut-sebut mampu meredakan nyeri dan membantu anda agar bisa rileks.

Minyak kayu manis pun bisa dipakai untuk mengurangi peradangan. Minyak kayu putih pun juga dikenal sebagai minyak ampuh untuk meredakan sakit.

Berikut adalah beberapa teknik pijat untuk membantu Anda bertahan dari hari-hari yang menyakitkan ini:

Letakkan telapak tangan anda di tengah perut dan mulailah gerakan seperti menggambar lingkaran besar dengan tekanan lembut. Lakukan pijatan ini sebanyak 30 kali.

Letakkan jari tengah dan telunjuk kedua tangan di perut, tekan ke perut. Usapkan tangan secara perlahan ke atas, ke samping dan ke bawah. Ulangi 20-30 kali.

Letakkan tangan anda di punggung di bawah tulang rusuk. Mulailah menggerakkan tangan anda ke bawah sampai anda mencapai tulang ekor Anda. Ulangi sekitar 30 kali.

Gosok perut bagian bawah sekitar 30 kali dengan kedua tangan.

Usap-usaplah dengan menekan perut anda dengan jari-jari selama sekitar 30 detik.

Gunakan minyak esensial sebagaimana disebutkan di atas untuk membuat efeknya lebih baik dan anda mendapatkan keadaan tubuh yang lebih menyenangkan.

4. Minum teh herbal

Teh herbal adalah sesuatu yang telah diminum orang selama berabad-abad berdasarkan khasiat penyembuhan herbal.

Meskipun mungkin tampak tak biasa bagi sebagian orang, namun menggunakan teh untuk menghilangkan rasa sakit merupakan cara yang efektif.

Para ilmuwan telah membuktikan adanya manfaat teh herbal dalam memperbaiki kondisi seperti kram menstruasi.

Resep teh yang meredakan nyeri haid:

24 parutan akar kunyit
13 g jahe parut
1/4 sendok teh kayu manis bubuk
Sedikit lada hitam
80 g madu
Jus setengah lemon

BACA JUGA:  Minyak Zaitun Dalam al Quran

Campur bahan dengan baik di dalam toples. Untuk membuat teh, ambil 1 sendok teh adonan dan campur dengan 1 cangkir air mendidih. Anda bisa menyimpan campuran dalam bentuk bubuk di lemari es.

5. Tidur Dengan posisi Seperti janin

Tidur seperti janin dengan posisi miring bisa mengurangi nyeri haid. Image: Pixabay

Sangat sulit untuk tertidur saat mengalami kram menstruasi. Namun, ada solusi untuk ini juga. Para ahli mengatakan bahwa tidur dalam posisi janin, yaitu posisi kita di dalam rahim ibu, dapat meredakan kram.

6. Banyak Minum Air

Meski kedengarannya aneh, minum lebih banyak air mencegah retensi cairan di tubuh Anda. Ini mencegah kembung dan juga mengurangi yang sudah ada. Di sisi lain, minum air yang mendekati panas memiliki kemampuan untuk meredakan kram.

Jika Anda tidak suka minum air, cobalah makan buah dan sayur. Misalnya, mereka kaya akan ketimun, selada, semangka, persik, dan air serta mencegah pembentukan edema.

7. Mengonsumsi Rempah Herbal

Studi yang dilakukan untuk menemukan efek rempah-rempah pada kram menstruasi telah membuahkan hasil yang cukup menarik. Rempah-rempah dan tumbuhan memiliki lebih banyak efek pada nyeri haid daripada yang Anda bayangkan.

Biji adas: Satu penelitian menunjukkan bahwa biji adas benar-benar dapat melawan kram. Menurut penelitian, biji ini setidaknya sama efektifnya dengan obat dan menghilangkan rasa sakit dalam waktu satu jam. Kerugiannya adalah dapat menyebabkan perdarahan yang lebih parah. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi adas sebelum tidur.

Jahe: Jahe, tidak seperti adas, mungkin memiliki efek mengurangi pendarahan. Ini juga membantu meringankan gejala fisik.

Kayu manis: Selain kram menstruasi, kayu manis baik untuk mengatasi mual yang dialami selama periode ini dan dapat mengatur perdarahan yang berlebihan. Di sisi lain, juga bisa menyeimbangkan krisis manis yang dialami saat menstruasi.

BACA JUGA:  Manfaat Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

8. Melakukan Beberapa Latihan

Beberapa wanita menganggap berolahraga selama masa menstruasi berbahaya. Namun, olahraga justru meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh Anda yang mengurangi rasa sakit, memperbaiki suasana hati, dan mempercepat pembakaran prostaglandin. Usahakan berolahraga secara rutin minimal 15 menit 3 kali seminggu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

9. Menjauhi makanan tertentu untuk sementara waktu.

Selama periode ini, ada makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan juga hal-hal yang harus Anda hindari. Seperti kafein! Meskipun mungkin tampak sangat sulit untuk menghindarinya bagi seseorang yang terbiasa memulai setiap hari dengan kopi, tetap mencobanya. Karena kafein memperburuk gejala PMS, terutama kembung, perubahan suasana hati, kram. Ini meningkatkan tingkat kecemasan Anda dan bahkan dapat membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur.

Selain kafein, sebaiknya hindari makanan berlemak dan asin, alkohol, permen dan minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan kembung dan retensi air.

10. Jika tidak ada yang berhasil, minumlah pereda nyeri.

Jika rasa sakit Anda tidak kunjung hilang meski sudah melakukan segala hal, sekarang saatnya minum obat pereda nyeri yang menurut dokter cocok untuk Anda. Namun, jangan lalai mencoba metode alami sebelum beralih ke pengobatan.

11. Mintalah Saran Dari Pengalaman Orang-orang sekitar Anda

Tubuh Anda tahu yang terbaik. Kita semua berbeda dan sayangnya tidak ada pengobatan satu untuk semua untuk kram. Jadi jika Anda tidak ingin menambah asupan air atau olahraga, jangan lakukan itu. Minumlah jika Anda merasa sangat tidak enak tanpa kopi. Jika Anda butuh istirahat, batalkan rapat Anda. Percaya dengan nalurimu. Bagaimanapun, mereka telah menyelamatkan kita selama berabad-abad.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *